Ads

Minggu, 30 Januari 2022, Januari 30, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-30T10:21:13Z
Sangihe

Jemaat GMIST Syaloom Lenganeng Gelar Ibadah Syukur Pra Tulude. Wakka 2 DPRD Sangihe Terima Prosesi Adat

#michaelthungari #gmistsyaloomlenganeng #tulude
Suasana Kegiatan Pra Tulude di Jemaat GMIST Syaloom Lenganeng


JOURNALTELEGRAF - Masyarakat Desa Lenganeng, secara khusus jemaat GMIST Syaloom Lenganeng menggelar ibadah raya Minggu pagi dirangkaikan dengan prosesi adat Tulude. Hal ini dilakukan sebagai wujud doa dan ungkapan syukur terhadap Tuhan atas berkat dan penyertaan pada tahun-tahun sebelumnya dan memasuki tahun yang baru.


Prosesi ini juga dilaksanakan sebagai rangkaian dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah Kepulauan Sangihe yang ke - 597 tahun. Dimana rangkaian acaranya ditata sesuai tahapan adat, dimulai dari 'Mendangeng sake', Memasang Paporong, 'Menahulending' hingga Pemotongan Kue Adat Tamo.


Wakil Ketua 2 DPRD Sangihe, Michael Thungari yang hadir bersama dalam ibadah syukur dan kegiatan pra Tulude memberikan apresiasinya kepada masyarakat Desa Lenganeng atas komitmen tetap menjaga dan melestarikan keluhuran adat dan tradisi masyarakat tanah Tampungang Lawo.


"Ini merupakan salah satu rangkaian acara adat Tulude yang dilaksanakan oleh jemaat GMIST Syaloom Lenganeng; Dan ini merupakan sebuah kebiasaan dalam melestarikan adat dan budaya bagi masyarakat disini dan ini dilakukan hampir setiap tahun," kata Thungari. Minggu,(30/1/2022)


Thungari pun merasa bersyukur dapat terundang bersama dalam ibadah syukur dan kegiatan pra Tulude.


"Terimakasih karena bisa terundang disini. Seluruh rangkaian acara dari awal sampai akhir sangat baik dan menggugah hati; Dimana masyarakat masih sangat memelihara adat, semoga ini bisa dilestarikan terus dan kiranya masyarakat disini terus diberkahi, diberi suasana aman, tentram dan damai, serta lahan mereka subur," ungkapnya.


Sementara itu, Ibu Meitty M. Bawelle selaku Ketua MTK Desa Lenganeng yang juga bagian dari jemaat GMIST Syaloom Lenganeng, mengungkapkan rasa syukurnya karena acara dapat berjalan dengan baik dan dihadiri oleh tamu undangan.

 

"Puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, acara dapat berlangsung dengan baik, semua terjadi karena berkat penyertaan dan kasih kemurahan Tuhan. Tak lupa Kami atas nama seluruh jemaat GMIST Syaloom Lenganeng menyampaikan banyak terimakasih kepada Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Bapak Michael Thungari bersama Ibu yang telah berkenan hadir. Kepada anggota dewan Bapak Frits Manoppo juga Camat Tabukan Utara, Danramil dan Kapolsek Tabukan Utara atau yang mewakili, diucapkan terimakasih," tutur Bawelle.


Ibadah syukur pra Tulude dihadiri oleh Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Michael Thungari bersama Ibu, Anggota Legislatif DPRD Sangihe, Frits Manoppo, Camat Tabukan Utara, Subur Janis, Danramil 1301/07 Tabut dan Perwakilan Polsek Tabukan Utara serta rombongan peserta Sidang MPL PGI 2022.



Reporter/Editor : Dendy Abram 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar