Ads

Jumat, 28 Januari 2022, Januari 28, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-28T08:24:06Z
Pariwisata

Ivent Upacara Adat Tulude Siap Menghentak Warga Kota Bitung, Catat Tanggalnya !



Foto : Pemkot Bitung akan gelar Ivent Upacara Adat Tulude (istimewa)




JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Kota Bitung kembali akan menggelar upacara adat Tulude, Senin 31 Januari 2022.



Upacara adat Tulude merupakan salah satu iven tahunan terbesar setelah Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) yang mana pelaksanakannya oleh masyarakat Nusa Utara di Kota Bitung.



Sejumlah iven disiapkan menyemarakkan acara  ini, seperti  Hybrid  Ivent, Pemotongan Kue Tamo, Masamper, Tari Salo, Tari Gunde, Grup Turunan Masjid Raudatul Jannah Paudean, Bitung City Choir (BCC), Orkes Girang-girang. 



"Semua  siap tampil maksimal di hari penyelenggaraan nanti," tukas Ketua Panitia Johnly Evans Tamaka yang juga adalah Kadis Perdagangan Kota Bitung, Jumat (28/01/2022).



Dari keterangan resmi panitia pelaksana, hingga kini  persiapan berjalan dengan baik dan sesuai agenda kerja kepanitiaan. 



"Panitia, bekerja keras memastikan ivent kali ini dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan serta sasaran yang terkandung di dalamnya. Baik sebagai upaya melestarikan adat dan budaya Nusa Utara, juga menopang program Pemkot Bitung khususnya di bidang pariwisata," kata Johnly.



Untuk upacara adat Tulude tahun ini juga bakal disuguhkan sejumlah ivent yang memiliki karakter khusus Nusa Utara.



Ketua Ormas Nusa Utara, Budi Medea,  menyampaikan bahwa iven upacara adat Tulude tahun 2022 tidak jauh berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.



"Dari sisi penyelenggaraan kegiatan ini mengacu pada panduan kegiatan serupa setahun silam, ada tambahan tapi tidak banyak, namun secara menyeluruh sama dengan tahun lalu," kata Budi  yang juga Staf Khusus Walikota ini. 



Upacara adat Tulude ini kaya akan keragaman nilai budaya maupun seni Nusa Utara berpadu dengan seni modern. 



"Riverside Resto yang dipilih menjadi tempat pelaksanaan, kegiatan  diatur dengan apik, karena mengingat  masih masa pandemi, prokes tetap harus di kedepankan oleh karena itu panitia membatasi hanya sampai 200 orang peserta termasuk tamu undangan, media dan panitia," jelas Budi yang juga masuk dalam struktur kepanitian.



Reporter / Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar