Ads

Senin, 17 Januari 2022, Januari 17, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-17T08:23:26Z
Sulsel

Dokter Relawan AAS Canangkan Gerakan Satu Juta Kantong Darah




Foto (istimewa) Dokter Relawan Andi Amran Sulaiman

JOURNALTELEGRAF -  Dokter Relawan Andi Amran Sulaiman (Deraas) Bersama dinas kesehatan  UPT Transfusi darah Provinsi Sulawesi Selatan mencanangkan gerakan satu juta kantong darah, hal ini untuk menjaga ketersediaan stok darah  di Sulawesi Selatan selama pandemi covid19. 

Seperti ditururkan Dr. Sulfian Syam  disela-sela kegiatan donor darah yang diselenggarakan Dokter Relawan Andi Amran Sulaiman (DeRAAS) Indonesia bekerjasama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (16/01/2022).

“Tim Dokter relawan AAS akan roadshow mengetuk setiap pintu dan kelompok warga guna berperan aktif dalam gerakan satu juta kantong darah ini,” kata Sulfian.

Selain itu ucap dia, ini merupakan gerakan  Dokter Relawan AAS yang diinisiasi bersama Dinas Kesehatan Sul-Sel  guna mencukupi kebutuhan darah, dimasa pandemi.

"Tim DeRAAS akan roadshow untuk mengundang antusiasme masyarakat di pelosok daerah’ kata dokter Relawan Andi Amran Sulaiman, dr. Sulfian Syam dalam acara donor darah DeRAAS tersebut," terangnya.


Ia menjelaskan, gerakan satu juta kantong darah yang dicanangkan Dokter RAAS ini guna mengatasi kekurangan persediaan darah yang marak terjadi di berbagai daerah di sulawesi selatan.


Ia menjelaskan dibutuhkan kolaborasi semua pihak, agar muncul  kesadaran, kepedulian dan partisipasi semua lapisan masyarakat beraksi bersama memenuhi dan menjamin ketersediaan stok darah yang di formulasikan dalam gerakan satu juta kantong darah.



Bahkan kata dia, bahwa gerakan roadshow donor darah akan terus berlanjut keseluruh kabupaten kota diseluruh provinsi se Indonesia. 


“Tim DeRAAS akan melibatkan semua pihak guna mengamankan ketersediaan Stok Darah” tandasnya.

Sementara itu, Kepela UPT transfusi Darah  Dinas kesehatan Sulawesi Selatan Erna Kusumaningrum menyambut baik gerakan satu juta kantong Darah  yang dicanangkan tim dokter RAAS.

Secara lansung, ia pun turun lapangan dalam mengawal kegiatan perdana Donor darah yang diinisiasi oleh Dokter RAAS Indonesia ahad kemarin dikota Makassar.


Bahkan ia berharap, kedepan antusias masyarakat di daerah meningkat dengan adanya kolaborasi Roadshow Donor Darah Dokter RAAS Bersama Pemprov Sulsel ini.   

“Gerakan Satu Juta kantong Darah inisiasi Dokter Relawan AAS dapat menjamin ketersediaan stok dimasing-masing daerah di Sulawesi Selatan," pungkas Erna.(*)


Reporter: Irma Lestari
Editor : Ewin
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar