Ads

Rabu, 01 Desember 2021, Desember 01, 2021 WIB
Last Updated 2021-12-01T03:07:55Z
KESEHATAN

Tertinggi di Sulut, Kota Bitung Miliki 143 Orang Peserta KB Pria

#bitung #lucky kromo #kb #vasektomi


Foto : dr Lucky Kromo Kadis PPKB Kota Bitung bersama Penyuluh KB (istimewa)



JOURNALTELEGRAF - Vasektomi adalah penggunaan KB oleh pria dan hingga saat ini Sebanyak 143 orang laki laki telah melakukan vasektomi di Kota Bitung, Sulawesi Utara.


"Vasektomi adalah salah satu prosedur kontrasepsi pada pria dengan cara mengikat saluran sperma dari testis untuk mencegah sperma mencapai air mani saat berhubungan intim dengan istri," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dr. Lucky Kromo, Selasa (30/11/2021).


Menurut dr Lucky, sambutan program vasektomi di Kota Bitung sangat luar biasa.


"Tahun ini Kota Bitung ada empat peserta KB pria dan tertinggi di Sulawesi Utara," jelasnya.


Efek tingginya kepesertaan KB pria ini pun, akhirnya Kota Bitung dianugrahi penghargaan kabupaten kota terbaik total capaian Pelayanan Metode Operasi (MOP) atau vasektomi tingkat provinsi pada kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Hari Keluarga NasionalKe-28 Tahun 2021.


"Ini program nasional dan tidak dipungut biaya bagi para peserta," jelasnya.


Lanjut dr. Lucky, untuk menjadi peserta KB pria harus ada persetujuan pasangan atau istri. Bahkan kata dokter yang pernah bertugas di Dinas Kesehatan Kota Bitung, bagi mereka yang membawa calon peserta KB pria akan disiapkan uang transport.


"Jadi vasektomi ini adalah salah satu cara dalam rangka pengendalian penduduk dengan mengurangi angka kehamilan," pungkasnya.


Reporter : Franly Umar


Editor : Arham

Tidak ada komentar:

Posting Komentar