Ads

Kamis, 23 Desember 2021, Desember 23, 2021 WIB
Last Updated 2021-12-23T16:42:56Z
Sangihe

Desa Petta Barat Akomodir Pembangunan Jalan Melalui Dandes 2021. Kades Sitih : Semua Untuk Kepentingan Bersama

#desapettabarat #pembangunanfisik
Pekerjaan Pembangunan Jalan di Desa Petta Barat


JOURNALTELEGRAF - Dana desa (dandes) bila dikelola dengan benar tentu akan membawa manfaat dan dapat dirasakan secara langsung oleh warga desa itu sendiri. Hal seperti ini mulai dilakukan oleh desa-desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe, termasuk di wilayah Kecamatan Tabukan Utara.


Di Desa Petta Barat, Kecamatan Tabukan Utara, pengelolaan dana desa sejak dua tahun terakhir memang menyentuh langsung warga desa, entah itu pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui stimulan bantuan sesuai profesi maupun pekerjaan pembangunan berupa rumah tinggal layak huni, hingga sarana toilet bagi tiap warga kurang mampu yang belum memilikinya.


Ditahun 2021 ini, Pemerintah Desa Petta Barat telah mengakomodir anggaran sesuai ketersediaan dan kebutuhan. Meskipun sebagian dana desa masih terfokus pada penanggulangan bencana non alam atau Covid 19; Namun Pemdes Petta Barat masih bisa mengalokasikan sebagian sisanya untuk pekerjaan pembangunan fisik berupa jalan produksi pertanian.


Terkait pekerjaan pembangunan fisik di desanya, Kepala Desa Petta Barat, Sitih Sjarah Gabriel mengungkapkan bahwa pekerjaan itu dilaksanakan demi menopang aktivitas masyarakat dalam melakukan kegiatan di wilayah perkebunan.


"Dengan adanya pembangunan jalan ke lokasi tersebut, tentunya akan memudahkan warga dalam mengangkut hasil bumi yang ada," ungkapnya.


Sementara untuk pekerjaan pembangunan, kata Sitih dilaksanakan secara padat karya.


"Untuk volume pekerjaan pembangunan jalan ini sepanjang 500 meter dengan pembiayaan sebesar 281 juta rupiah. Dan tentunya tetap dilaksanakan secara padat karya oleh warga desa," jelasnya.


Kades Sitih pun tetap bersyukur sebab warganya sangat peduli dan mau memberi diri membangun desa bersama-sama.


"Selaku pemerintah desa, kami merasa bangga memiliki warga yang mau saling membantu dalam membangun desa. Tentunya kita berharap apa yang dibangun bersama ini, dapat dijaga juga bersama-sama demi kepentingan semua masyarakat di desa," harapnya.


Terpisah, beberapa warga yang melaksanakan pekerjaan dilokasi pembangunan jalan pun menuturkan rasa bangga dengan kinerja Pemerintah desa Petta Barat.


"Pembangunan jalan ini akan memudahkan kami untuk mengangkat barang ataupun hasil dari kebun. Jadi kami bersyukur dan berterima kasih karena pemerintah desa telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan akses jalan ini," papar mereka senada.


Pembangunan jalan di Lindongan dua, Desa Petta Barat, Kecamatan Tabukan Utara itu kini sementara dikerjakan dan akan selesai diakhir tahun ini.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar