Ads

Senin, 11 Oktober 2021, Oktober 11, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-11T15:15:58Z
Morowali utaramorut

Tidak Main-main, Delis Minta Desain Kota Kolonodale Ditatah Dengan Baik


Materi Musrenbang RPJMD ini disiapkan tim penyusun dengan supervisi dari Bapelitbangda Sulteng dan Bappenas.


JOURNALTELEGRAF-Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi meminta mempersiapkan secara matang pembangunan kota Kolonodale sebagai ibu kota Morut dengan cara komprehensif dan melibatkan ahli tata kota.

"Kita melibatkan ahli desain tata kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebagai ibukota kabupaten, kota Kolonodale harus di desain dengan bagus. Jangan sepotong-sepotong," kata Delis saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Morowali Utara tahun 2021-2026 di Kolonodale, Senin (11/10/2021).



Selain dilakukan untuk mensinkronkan program pembangunan di Kabupaten Morut, pada Musrenbang ini juga dihadiri Wakil Bupati H. Djira K, Sekda H. Musda Guntur, Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa, Kacabjari Morut Andreas Adji SH MH, Ketua PKK Morut Ny Febriyanthi DJ Hehi, para Kepala OPD, Camat, tokoh adat, dan pejabat lainnya.



"Kita mau ada desain tiga dimensi. Harus jelas dimana peruntukan untuk ruang terbuka hijau, dimana kompleks perumahan, pedestrian, dan sebagainya," jelas Delis.


Delis juga menambahkan,  penyiapan tenaga terampil dengan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) di Morut dibawah binaan langsung Kementerian Ketenagakerjaan RI.


Bahkan, pendirian BLK di Morut yang nantinya akan dikelola Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) tersebut dinilai sangat layak, karena daerah ini diapit industri strategis seperti IMIP di Morowali, PT. Vale di Luwu Timur, Donggi Senoro LNG di Banggai dan GNI di Morut. 

Yang mana menurut dia, perusahan kelas internasional tersebut membutuhkan banyak tenaga kerja dengan spesifikasi tertentu.


"Ke depan dibutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian agar anak-anak mampu bersaing di bursa kerja. Inilah kenapa kehadiran BLK level nasional sangat penting dibuka di daerah ini," jelas Delis.

"Saya berharap, anak-anak muda  Morut nantinya mampu bersaing dan tidak sekadar menjadi buruh di perusahaan raksasa tersebut, tetapi bisa menjadi tenaga ahli," ungkapnya.







Reporter : Arthomo Lagaronda
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar