Ads

Sabtu, 25 September 2021, September 25, 2021 WIB
Last Updated 2021-09-25T07:46:14Z
Regional

Habib Salim Bin Abdurrahman Aljufri Sebut Ilmu Ilomata Adalah Ilmunya Para Sufi


Foto : Habib Salim bin Abdulrahman Aljufri, Pimpinan Majelis Rasulullah Gorontalo saat membawakan tauziah di HAUL Ke-69 Majelis Ilmu Ilomata (ist)




JOURNALTELEGRAF - Haul atau Milad ke-69  Pohuli Ilmu Ilomata yang digelar, Kamis (23/9/2021) di Desa Ulapato, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo dihadiri hampir seribuan anggota Majelis Ilmu Ilomata dari seluruh penjuru Sulawesi, bahkan dari luar Pulau Sulawesi.




Haul atau Milad ini diperingati bertepatan dengan turunnya Ilmu Pohuli Ilomata pada 17 Syafar 69 tahun silam kepada Guru Besar, Syech Nusi Bakari atau yang akrab disapa Pali Rani di Desa Dulamayo.


Dalam tauziahnya pada Haul Akbar tersebut, Pimpinan Majelis Rasulullah, Habib Salim bin Abdulrahman Aljufri menyebut Ilmu Ilomata adalah Sufi.


"Sufi itu melihat dengan mata bathin dan itu sulit dijelaskan oleh mereka yang tidak merasakannya, ini masalah rasa dan sulit diungkapkan dengan kata kata," jelasnya.  


Oleh karena itu, kata Habib lulusan Yaman ini, orang orang sholeh seperti Guru Mulia, Syech Rani Bakari itu mendapatkan ilmu ini dari Allah Swt melalui jalan yang diridhoi dan proses i'ttikaf.


"Barang siapa murid sudah tidak sejalan dengan ilmu yang dibawa oleh gurunya, maka dia tidak lagi bisa disebut murid karena sudah melenceng dari ajaran gurunya sendiri," ungkapnya.


Hadir juga pada acara Haul Akbar tersebut, Pimpinan Majelis Ilmu Pohuli Ilomata, Idrus Nusi (Pasisa Idu), Ketua Yayasan Pohuli Ilmu Ilomata, Ismail Idrus Nusi, para pimpinan pusat yayasan dan pimpinan pusat  majelis ilmu, koordinator pusat yayasan sampai kordinator wilayah dan daerah, serta lebih dari 100 pimpinan cabang ilmu Ilomata.


Editor : AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar