Ads

Kamis, 29 Juli 2021, Juli 29, 2021 WIB
Last Updated 2021-07-29T02:19:26Z
kabupaten tolitoliKESEHATANSulawesi Tengah

Gawat! Puluhan Nakes Di Kabupaten Tolitoli Terpapar Covid-19

foto : Ilustrasi


JOURNALTELEGRAF – Melonjaknya kasus Covid-19 dan membludak pasien positif yang terpapar di Kabupaten Tolitoli berdampak pada penularan terhadap para tenaga kesehatan. Diketahui, sebanyak kurang lebih 60 tenaga kesehatan (nakes) terpapar Covid-19.



Hal tersebut berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Anjasmara, S.Pt.,MP, saat ini semua Tenaga Kesehatan (Nakes) khususnya yang bertugas di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sedang menjalani isolasi mandiri karena berdasarkan data hari Selasa (27/7/2021), total Nakes di Kabupaten Tolitoli yang telah terinfeksi mencapai 60 orang.



“Berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid test Antigen, Nakes yang terkonfirmasi positif covid-19 masing-masing di Puskesmas Kota sebanyak 16 orang, Puskesmas Lampasio 14 orang, Puskesmas Kombo Dampal Selatan 8 orang, Puskesmas Dungingis Dako Pemean 8 orang, Puskesmas Ogodeide 5 orang, Rumah Sakit Zubaidah Bantilan Malala Kecamatan Dondo 4 orang, Puskesmas Bangkir Dampal Selatan 2 orang, Puskesmas Ogotua Dampal Utara 1 orang, Puskesmas Dondo 1 orang dan Puskesmas Basidondo 1 orang,” ungkapnya.



Sedangkan kata dia, tenaga kesehatan yang tidak terinveksi masing-masing di Puskesmas Salumbia Kecamatan Dondo, Puskesmas Kayulompa Kecamatan Basidondo, Puskesmas Baolan, Puskesmas Galang, Puskesmas Laulalang Tolitoli Utara dan Puskesmas Binontoan Tolitoli Utara. 



“Nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan khususnya yang menangani pasien Covid-19, pasti mengalami kelelahan karena jumlah penderita Covid-19 yang terus bertambah. Hal inilah yang membuat sistem imun tubuh jadi menurun, sehingga virus penyebab penyakit (termasuk Covid-19) jadi lebih mudah masuk tubuh,” tuturnya.



Lebih lanjut, Suatu keprihatinan karena Nakes kita di Kabupaten Tolitoli telah turut terpapar Covid-19, maka dari itu pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan Prokes guna mengantisipasi pelonjakan kasus Covid-19 di kabupaten Tolitoli.



“Olehnya itu, agar kondisi ini tidak tambah parah, diperlukan kesadaran kita semua untuk patuh pada protokol kesehatan. 6 (enam) M sudah harus jadi kebiasaan baru setiap hari. Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Mengabaikan Hoax,” harapnya.



“Semoga semua Nakes di Kabupaten Tolitoli diberikan ketabahan, kekuatan dan kesembuhan oleh Allah SWT,” tutupnya.




Editor|Reporter : Legitha Aswardy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar