Ads

Kamis, 24 Juni 2021, Juni 24, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-24T04:58:09Z
kabupaten tolitoliLANAL TolitoliSulawesi Tengah

Peringati Hari Penerbangan AL ke-65 Dan HUT G5000 Ke-4, Dengan Donor Darah Dan Khitanan Massal


JOURNALTELEGRAF
- Penerbangan TNI Angkatan Laut terbentuk pada tahun 1956, sejak saat itu pula telah ikut berperan aktif men Dharma Baktikan kepada Nusa, Bangsa dan Negara. Sebagai salah satu unsur udara senantiasa berpartisipasi aktif menunjukkan pengabdian terbaiknya dalam misi operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang.


Kini tepat tanggal 17 Juni 2021, Penerbangan TNI AL telah berkiprah selama 65 tahun. Dalam kiprahnya yang ke-65 ini, penerbangan TNI AL mengangkat tema  “Penerbangan TNI Angkatan Laut Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya”. Tema yang mengandung makna tegas dan lugas bahwa penerbangan TNI AL sebagai bagian dari komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL harus mampu menjalankan perannya secara optimal untuk mengamankan wilayah perairan bangsa dan negara Indonesia.


Sebagaimana hal tersebut, Lanal Tolitoli berkolaborasi melaksanakan kerja sama dengan Gerakan 5000, dengan tetap memperhatikan aturan dan prosedur yang ada terkait Covid-19, menggelar kegiatan amal Bhakti Sosial Donor darah di kesekretariatan G5000 jalan Ismail Bantilan, No.81, Kelurahan Panasakan, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Pada Kamis (24/06/2021).

 


Menurut Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr. Hanla., kala itu, bahwa “Kegiatan amal Bhakti Sosial Donor darah yang dilaksanakan merupakan salah satu wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan warga yang ada di kabupaten Tolitoli dalam berupaya membantu antar sesama”. Karena setetes darah yang di sumbangkan akan sangat berarti dan bermanfaat bagi yang membutuhkanya,” sebutnya.


Lanjutnya lagi, bahwa masyarakat kabupaten Tolitoli khususnya personel  memiliki peran penting untuk kegiatan sosial donor darah yang berkesinambungan agar persediaan darah di PMI Tolitoli tetap terjaga.




“Semoga darah yang disumbangkan oleh rekan-rekan TNI/Polri, Stakeholder dan masyarakat dapat menjadi penolong terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan dan menjadi amal ibadah bagi yang mendonorkan darahnya,” terangnya.


Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Gerakan Solidaritas 5000, Prana Djaya Rais atau yang kerap disapa ambo Umang mengungkapkan, Inisiatif kegiatan donor darah dan khitanan massal dihari ulang tahun G5000 sekaligus dirangkaikan hari Penerbangan AL ke 65 tahun ini tidak lain berkat dukungan semua pihak yang bersama-sama peduli dengan kemanusiaan.


“ pertama kami berterimakasih kepada semua elemen masyarakat kabupaten Tolitoli yang dari awal terbentuknya G5000 sampai dengan sekarang ini sudah mempercayakan kami sebagai penyalur donasi bapak/ibu sekalian kepada mereka yang membutuhkan, insyaallah hari ini kami akan mengupayakan stok darah di PMI/UTD Tolitoli bisa mencukupi dan khitanan 25 anak  di hari minggu nanti bisa berjalan lancar,” ujar Ambo umang.




Pihaknya juga berharap komunitas dan  organisasi lain untuk lebih peduli terhadap sesama, terkhusus masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dan berada di garis kemiskinan.


“ Semoga kedepannya G5000 makin solid dan tetap peduli tentang persoalan kemanusiaan,” pungkasnya.



Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Tolitoli, Kasdim 1305/BT, Perwakilan KSOP Tolitoli, Perwakilan PT.Pelindo Tolitoli, Mahasiswa Universitas Madako Tolitoli dan Bank Sampah Tolitoli Mandiri.









 Editor/Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar