Ads

Sabtu, 05 Juni 2021, Juni 05, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-10T00:32:36Z
kabupaten tolitoliLANAL Tolitoli

HLHS Ke 47 Tahun. Komandan Lanal Tolitoli,Tak Ingin Laut Tercemar


JOURNALTELEGRAF - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, Lanal Tolitoli bersama mitra kerja lainnya melakukan pembersihan di pesisir pantai taman mini Kampung Pajala – Kelurahan baru kecamatan Baolan,  dengan harapan kegiatan seperti ini memberikan contoh kepada warga masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.


“Upaya ke depan yg lebih konkret kita akan berkolaborasi dengan dinas ( Dinas Lingkungan Hidup) terkait untuk menjaga kebersihan pantai baik itu dengan unsur maritim maupun masyarakat nelayan pesisir, serta kita mendorong ke pemda untuk membuat tembok untuk menghalangi para pedagang pasar yang akan membuang sampah di laut,” kata Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, SH M (Tr. Hanla) kepada awak media Journaltelegraf.com, Sabtu (05/06/2021).


Hal itu di sampaikan komandan Lanal Tolitoli setelah membersihkan sampah sepanjang pesisir pantai Taman mini Kampung Pajala – Kelurahan Baru Kecamatan Baolan, pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 tingkat Kabupaten Tolitoli. 



Komandan yang sering ditemui di setiap actionnya di lapangan Mengungkapkan, Sejauh ini penanganan sampah organik-Non organik di Kabupaten Tolitoli sangatlah belum maksimal dari apa yang di harapkan.


“ Memang sejauh ini belum maksimal, tapi apapun yang kita kerjakan adalah hal yang harus kita mulai dari sekarang, biarpun kecil tapi kalau di laksanakan secara terus menerus dan konsisten saya yakin dan percaya Tolitoli menjadi Tolitoli yang Berseri (Bersih, sehat, Rapi dan Indah),” ungkapnya.


Diakhir pembicaraan, Komandan Lanal berpesan agar seluruh elemen masyarakat kabupaten Tolitoli untuk bahu membahu dalam meminimalisir sampah di pesisir pantai.


“ mari kita semua berjabat tangan bahu membahu utk kejayaan Kabupaten Tolitoli, karena menjaga dan melestarikan pantai Tolitoli bukan hanya tugas Lanal Tolitoli tapi tugas kita bersama, Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini saya berpesan kepada masyarakat mari kita jaga, kita rawat dan kita lestarikan alam Tolitoli, karena Tolitoli adalah aset yang harus di pertahankan untuk anak cucu kita di masa depan, agar kelak di kemudian hari Keindahan Kabupaten Tolitoli bisa di nikmati di kemudian hari. tetap semangat, jaga kesehatan dan patuhi Prokes,” pintanya.


Sementara itu, Dirut BSTM yang ikut dalam aksi tersebut mengatakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 mengusung tema “Biru langit ku, Hijau Bumi ku, bersih lingkungan ku”, dan tema ini mengandung Motivasi Kerja secara Sistematis untuk mengatasi sampah, mengurangi sampah, dan mengolah sampah, kemudian melakukan daur ulang, ataupun dikenal dengan istilah 3R (Reduce,Reuse dan Recycle).


“ Sampah Plastik merupakan benda yang tidak dapat terurai,sehingga dapat mengakibatkan pencemaran tanah, air dan laut serta dapat menjadi dampak permasalahan peningkatan aktivitas dan kebutuhan manusia,diantaranya penumpukan sampah plastik yang membahayakan ekosistem dan lebih tidak enak di pandang apabila keadaan pantai kotor dan penuh sampah,” terang Wiyatmoko.




Akhir arahannya, Wiyatmoko mengatakan Momentum Bersih Pantai dapat meningkatkan kenyamanan diri sendiri dan orang lain.


“Bersih dari sampah menjadi suatu kebiasaan dan budaya akan tertib membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan yang bersih akan memberikan fungsinya dan kesejahteraan kepada manusia melalui alam yang tetap terjaga,” pungkasnya.



Hadir pada kesempatan itu, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tolitoli, Perwakilan Polres Tolitoli, Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Tolitoli, Perwakilan PT. Pelindo, Perwakilan PT.Pelni, Syahbandar Tolitoli, Pemerintah kelurahan baru, Mahasiswa Universitas Madako Tolitoli, PSDKP, Club motor Bold Riders, dan Masyarakat di sekitar lokasi taman mini.









Editor / Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar