Ads

Jumat, 30 April 2021, April 30, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-30T09:51:34Z
Gubernur sultengmorutpilkada 2020

Gubernur Sulawesi Tengah Lantik Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Tojo Una-una dan Kabupaten Morowali Utara

 

Foto : Pemasangan tanda jabatan oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola M.Sik kepada Bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Tojo Una-una dan Morowali Utara.


JOURNALTELEGRAF - Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola M.Si Secara resmi melantik dan mengambil sumpah Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tojo Una-una serta Bupati dan wakil bupati terpilih Morowali Utara. bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng. Jum'at (30/04/2021).


Diketahui, Bupati terpilih Kabupaten Tojo Una-una Mohammad Lahay, SE, MM-Ilham SH serta Bupati-Wakil Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarron Hehi Mars-H. Djira K. S.Pd, M.Pd.


Hal tersebut berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri  No. 131.72-1097 Tahun 2021 tentang perubahan ketiga atas pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten dan kota pada Provinsi Sulawesi Tengah.


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una-una dan Morowali Utara  dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pemasangan tanda jabatan oleh Gubernur Sulawesi Tengah.


Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan pelantikan Ketua TP. PKK dan Dekranasda Kabupaten Tojo Una-una Femmy Luther Lahay, SKM  dan Kabupaten Morowali Utara Febriyanthi H. DJ Hehi S.Si, Apt masa bakti 2021-2024 dan penyematan pin oleh Ketua TP. PKK dan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tengah.


Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pasangan Bupati-Wakil Bupati Morowali Utara dan Tojo Una-una, serta menitipkan beberapa hal yakni ; pertama agar menjaga integritas untuk menahan diri dari godaan yang dapat membuat seseorang menyimpang dari aturan, kedua melayani masyarakat sepenuh hati dan senantiasa mendekati masyarakat karena berbagai masalah akan nampak dan terasa kalau pemimpin lebih sering bersama rakyatnya.


Ketiga, kekompakan antara bupati dan wakil bupati kiranya dijaga mulai hari pelantikan hingga akhir masa jabatan, bupati dan wakilnya harus sering berdiskusi, merundingkan dan menetapkan pembagian peran pembangunan yang akan dijalankan dan yang keempat, pemerintah kabupaten agar senantiasa menjalin koordinasi dengan provinsi karena bagaimanapun juga pemerintah provinsi adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah.


"Karena tugas pemerintah provinsi adalah untuk memastikan kelancaran roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan di 13 kabupaten/kota termasuk dalam pengendalian dan pengentasan pandemi covid-19, saya minta pemkab Tojo Una-una dan Morowali Utara tidak lengah dan tidak melonggarkan sedikitpun pengawasan protokol kesehatan 5 M dan 3T agar kondisi kurva covid-19 yang terus melandai di sulteng dapat dipertahankan," kata Longki Djanggola.

Foto : penandatanganan berita acara oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola M.Si.

Lanjutnya lagi, begitu juga dengan kesinambungan program vaksinasi kiranya dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan kepada sasaran penerimanya sehingga kesehatan masyarakat terlindungi dan ekonomi pulih kembali," papar gubernur.


Sementara itu, Ketua TP. PKK dan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan  selamat dan kesyukurannya atas dilantiknya Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Tojo Una-una dan Morowali Utama masa bakti 2021-2024.


"Banyak permasalahan yang dihadapi saat  ini yang membutuhkan perhatian serius dari pemangku kepentingan. Meningkatnya angka kemiskinan, tingginya angka stunting serta pandemi covid-19 belum diketahui kapan berakhirnya dan menjadi tugas kita bersama, saat ini pemerintah tengah menggalakkan pelaksanaan vaksinasi untuk menanggulangi covid-19.  TP.PKK diharapkan mendukung program tersebut serta memberikan sumbangsih dalam 10 program PKK dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga," ujar Ketua Hj. Zalzulmida A Djanggola SH, CN 


Untuk itu, Ketua TP. PKK yang telah dilantik kiranya menerima dan melaksanakan tugas dengan sepenuh hati dengan sungguh sungguh, bertanggungjawab serta menghimbau agar 10 program PKK dapat dijabarkan melalui pelaksanaan kegiatan  yang menjadi unggulan prioritas pokja PKK secara berkesinambungan serta dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan.


"Selaku Ketua TP. PKK Sulteng kami menghimbau kepada bupati selaku ketua pembina TP.PKK Kabupaten kiranya dalam melaksanakan program  dapat menjabarkannya dengan OPD terkait sebagai mitra  dan senantiasa memberikan support kepada TP.PKK secara berjenjang baik berupa program maupun dukungan anggaran yang lebih diintegrasikan melalui OPD/mitra terkait sampai di akar rumput yakni kelompok dasa wisma," jelasnya.


Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, mewakili Ketua DPRD Sulteng, Forkopimda Sulteng, Pj Sekdaprov dan pejabat utama lingkup Sulteng, Ketua DPRD Tojo Una-una dan Morut, Pj. Bupati Tojo Una-una dan Morut, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK/Dekranasda Sulteng serta pejabat terkait lainnya.


Reporter : Artomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar