Ads

Jumat, 02 April 2021, April 02, 2021 WIB
Last Updated 2021-04-02T14:30:47Z
morut

DP2KBP3A Morut Lakukan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Foto : (Istimewa) Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Morowali Utara, Drs.Romelius Sapara.

JOURNALTELEGRAF - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Pemberdayaan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Morowali Utara melakukan pendataan keluarga serentak tahun 2021.

Kegiatan pendataan keluarga dimulai dengan pendataan terhadap keluarga Plh. Bupati Morowali Utara Ir. Musda Guntur, MM, di rumah kediamannya Kolonodale. Pada Kamis (01/04/2021) pukul 09.00 WITA pagi.

Saat di konfirmasi media Journaltelegraf.Com di ruang kerjanya, Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Morowali Utara, Drs.Romelius Sapara mengatakan, pendataan pengumpulan data keluarga tahun 2021 dimulai sejak 1 April sampai dengan 31 Mei mendatang yang dilaksanakan dengan dua metode.

Kedua metode tersebut yakni menggunakan formulir (paper based) serta pengumpulan melalui aplikasi smartphone dengan mempertimbangkan kondisi data dengan geografis dan infrastruktur yang ada di wilayah tersebut.

" Untuk di Kabupaten Morut, sasaran pendataan tahun 2021 ini mencakup 34.965 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 10 kecamatan, 3 kelurahan dan 122 desa se Kabupaten Morowali Utara. Pendataan ini melibatkan sedikitnya 202 kader pendata yang tersebar di seluruh wilayah," Jelas Romelius kepada awak media Journaltelegraf.Com, Kamis (02/04/2021).

Romelius mengungkapkan, Pendataan Keluarga terdiri dari 3 muatan, diantaranya Kependudukan, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga. Pendataan Keluarga lebih bersifat mikro di banding pendataan statistik lainnya.

" Data ini juga bisa membantu dalam penanganan stunting," ungkapnya.

Menurutnya, Warga yang masuk dalam kategori pendataan tahun 2021 ini adalah, keluarga dan keluarga khusus tanpa didasari kepemilikan berkas administrasi kependudukan di wilayah tersebut. Dengan syarat telah tinggal di wilayah sekurang kurangnya enam bulan.

" Tujuan pendataan keluarga tahun 2021 ini adalah penyediaan kebutuhan basis data keluarga yang memuat data profil pasangan usia subur (PUS), keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja serta keluarga dengan lansia yang bermanfaat bagi pemerintah," ucapnya.

Tambahnya lagi, " Pendataan keluarga 2021 ini juga untuk mendapatkan data yang riil tentang data kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, yang nantinya akan dijadikan dasar dalam kebijakan program pembangunan keluarga kedepannya," imbuhnya.

Sementara itu usai pendataan keluarganya, Plh. Bupati Morowali Utara lr Musda Guntur, MM,menghimbau kepada seluruh keluarga masyarakat Morowali Utara kiranya untuk mendukung program pendataan Keluarga serentak 2021 yang dilaksanakan oleh Pemerintah sekali dalam lima tahun.

" Berikan data secara tepat dan akurat kepada petugas pendata dan tentunya tetap memperhatikan protokol Kesehatan," pesannya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan bersama program Pendataan Keluarga 2021, karena data yang akurat dan valid akan menjadi suksesi program pembangunan Keluarga ke depan.



Reporter : Arthomo Lagaronda 
Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar