Ads

Jumat, 19 Maret 2021, Maret 19, 2021 WIB
Last Updated 2021-03-19T02:44:45Z
sulteng

Pendiri BSTM Sebut Persampahan Tolitoli Sangatlah Buruk

JOURNALTELEGRAF - Masalah sampah, terutama sampah plastik masih jadi tantangan yang harus dijawab tuntas. Penanggulangan tentu tak mudah, meski sejumlah peraturan telah diberlakukan. 

Sebagai salah satu cara mengembalikan kondisi pantai agar bersih dan bebas sampah, Tim Bahari Nusantara Tolitoli dalam memperingati Hari Air Sedunia ke XXIX. Bertempat Di Lokasi Pasar Susumbolan, Kelurahan Baru Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. Jumat (19/3/2021) pagi.

Revitalisasi pantai yang diprakarsai Lanal Kabupaten Tolitoli, Dinas Lingkungan Hidup, Syahbandar Tolitoli, Polres Tolitoli, Polsek Baolan,PT.Pelindo, Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM), Universitas Madako Tolitoli, PB Perpit serta Tolitoli For Humanity. berlangsung penuh kegotong royongan.

Disela-sela kegiatannya, Wiyatmoko selaku pendiri Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM) mengungkapkan, "Melalui Kegiatan ini, Kita ingin menghidupkan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat kita, agenda bersih bersih pantai hari ini berjalan kompak dan penuh semangat kegotong royongan,” terang Wiyatmoko Kepada awak media Journaltelegraf.Com

Menurutnya, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan juga persampahan Tolitoli sangatlah buruk.

“Kita lihat sudah banyak sampah di laut, makanya kita ajak masyarakat Stakeholder dan instansi vertikal, dalam rangka membantu pemerintah kabupaten Tolitoli untuk mewujudkan Tolitoli bersih," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menilai wilayah kecamatan yang paling susah penanganan persampahannya adalah wilayah Kecamatan Baolan (Pusat Kota).

" Persampahan yang susah penanganannya yaitu Wilayah Baolan, kalau kecamatan lain kami dari BSTM tidak mengalami kesusahan untuk merekrut anggota sesuai harapan kita di lapangan," jelasnya

Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, Wiyatmoko juga berharap pada pemerintah agar generasi yang akan datang pasti akan lebih baik,” sebutnya

" Harapan saya terus giat terutama untuk masyarakat. paling tidak, ada edukasi-edukasi penting dari pemerintah untuk turun kelapangan serta menggandeng masyarakat untuk selalu memperhatikan lingkungannya," tutupnya



Editor/Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar