Ads

Kamis, 18 Maret 2021, Maret 18, 2021 WIB
Last Updated 2021-03-18T11:24:37Z
Bolmut

Musdes Paku Penetapan APBdes Tahun 2021 Sukses Digelar

 


JOURNALTELEGRAF-Guna menindaklanjuti Permendes No 13 Tahun 2020 yang menjadi dasar dalam penyusunan rencana kerja, pemerintah Desa Paku Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sukses gelar Musyawarah Desa (Musdes).


Tak hanya itu, pelaksanaan kegiatan Musdes akan menentukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk Tahun 2021.


Kegiatan diawali dengan sambutan dan paparan yang disampaikan oleh Kepala Desa Paku Subhan Goma. Dalam sambutanya kepala Desa yang biasa disapa Papa Sity itu meyampaikan secara jelas dan detail megenai pagu anggaran untuk 2021.


"Sebenarnya penyusunan APBDes sudah disusun dan ditetapkan pada 28 Desember 2020 dengan meyesuaikan regulasi yang ada dari pemerintah pusat hingga daerah. Namun berkenaan dengan situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, sehingga APBDes ini mengalami perubahan yang kemudian akan ditetapkan kembali oleh BPD saat ini," kata Subhan di Kantor Desa setempat, Rabu (18/3/2021) malam.


Subhan mengatakan, pendapatan desa  ditahun ini akan mencapai Rp 1.268.419.472.00 yang terdiri dari Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Dana Transfer (DD, ADD, DBHP). Yang mana anggaran tersebut kata dia, akan dibagi sesuai dengan kebutuhan operasional desa serta pembangunan yang berorientasikan pemulihan ekonomi melalui bidang pemberdayaan, padat karya dan bantuan sosial.


Selain pendapatan desa kata Subhan, ada juga dana bantuan yang bersumber dari pemerintah Daerah (APBD) sebesar 10.800.000 untuk pemilihan kepala desa yang tidak lama lagi akan dilaksanakan.


"Maka dengan itu APBDes tahun 2021 untuk dapat ditetapkan oleh Pimpinan musawarah,"ucapnya.


Selain itu, Subhan juga menyatakan telah mengevaluasi terkait penetapan dana BLT,   karena menurut dia, ada penambahan kuota yang sekarang ini sudah menjadi 87 kepala keluarga.


"Di ingatkan juga agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan matuhi protokoler. Mengingat pandemic Covid-19 ini masi ada," tutup Subhan.


Pantauwan JournalTelegraf.com, kegiatan musdes dipimpin oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Elha Aku  dan dibuka langsung oleh Kepala Desa Paku Subhan Goma pada pukul 19.00 Wita. Gelaran Musdes dihadiri oleh seluru unsur pemerintah desa, seluruh anggota BPD, PKK, Karang Taruna, LPMD, Ketua RT, tokoh Agama dan lapisan Masyarakat.

Reporter : Irsan
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar