Ads

Kamis, 04 Maret 2021, Maret 04, 2021 WIB
Last Updated 2021-03-04T09:10:21Z
sulteng

Kadis Perdagangan Angkat Bicara Soal Pengecer dan Pengguna Gas Yang Membandel

Foto ( Istimewa ) Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tolitoli Yustiyanto Bantilan

JOURNALTELEGRAF - Masyarakat Kabupaten Tolitoli, sejak beberapa minggu belakangan mengeluhkan kesulitan mendapatkan bahan bakar gas elpiji subsidi ukuran 3 kg, bahkan terlihat warga yang mengantri diberberapa agen penjualan gas.

Saat di temui diruang kerjanya, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tolitoli, Yustiyanto Bantilan menuturkan, saat ini pihaknya akan melakukan sidak ke berberapa pangkalan dan agen resmi untuk monitoring ketersediaan stok tabung gas elpiji subsidi 3 kg.

"Setelah kami pantau, memang terjadi kelangkaan, kurang lebih dua minggu belakangan ini," ujar Yustiyanto kepada wartawan, Kamis (04/03/2021).

Lebih lanjut, dalam beberapa kesempatan sosialisasi, pihaknya sudah menegaskan kepada pihak agen dan pangkalan, termasuk warung-warung eceran, tidak boleh menjual gas 3 kg Kepada Rumah Makan dan Restoran, termasuk pengelola Hotel, dan pegawai karena gas subsidi 3 kg, hanya diperuntukan bagi rumah tangga miskin.

Namun kenyataan di lapangan, masih ada pemilik Rumah Makan dan Restoran, pemilik Hotel, Bahkan pegawai yang membandel masih menggunakan tabung gas subsidi 3 kg.

"Untuk itu, kepada pemilik Rumah Makan, Restoran dan pengelola Hotel yang masih tetap menggunakan tabung gas elpiji ukuran 3 kg akan kita tertibkan. Akan kita minta untuk segera menukar tabung gas ukuran 3 kg dengan tabung diatasnya yang berisi 5,5 kg atau 12 kg. Penarikan tabung gas melon 3 kg ini tentunya harus diganti dengan tabung gas 5,5 kilogram.

Tambahnya lagi, setelah dilakukannya sosialisasi namun masih saja ada yang membandel, gas mereka akan di amankan di kantor.

"Penjual yang memberikan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), penjual ilegal tanpa surat izin dan Pemakai gas yang tidak sesuai peruntukannya, akan kami sidak," pungkasnya


Editor/Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar