Ads

Selasa, 19 Januari 2021, Januari 19, 2021 WIB
Last Updated 2021-01-19T11:16:19Z
Bolsel

April 2021, Pemiliham Sangadi Serantak di Bolsel, Ini Persyaratannya




JOURNALTELEGRAF - April 2021 Pemkab Bolsel akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 25 Desa. Pasalnya, beberapa Sangadi sudah hampir habis masa periodenya. Bahkan, ada beberapa yang sudah berakhir dan kini dijabat sementara oleh pelaksana tugas (plt).



Dalam penjaringan bakal calon sangadi nanti, Pemkab Bolsel akan menerapkan kriteria khusus antara lain, bagi calon muslim harus bisa baca qur’an dan menjadi imam. Sementara yang kristen atau non-muslim minimal harus bisa memimpin ibadah. 



Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa (PMD) Bolsel Ekafrie Van Gobel.



“Karena salah satu Visi Misi Bolsel adalah menuju daerah religius, maka Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru meminta agar para calon sangadi nanti, jika muslim harus bisa mengaji atau menjadi imam. Sedangkan untuk Kristen minimal bisa memimpin ibadah,” kata Ekafrie, Selasa 19/1/2021



Selain itu, kriteria khusus lainnya untuk para calon petahana, harus bersih, tidak ada persoalan menyangkut dana desa.



“untuk sangadi yang akan kembali mengikuti pemilihan, harus ada surat rekomendasi dari Inspektorat yang menyatakan yang bersangkutan bersih atau tidak ada persoalan terkait Dana Desa (DD),” tutur Kepala Dinas PMD.



Untuk tahapan pelaksanaan, katanya masih menunggu Surat Eadaran (SE) tentang petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan Pilsang serentak di Bolsel. 



“Karena di juknis termuat tahapan-tahapan pelaksanaan, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh Calon Sangadi,” katanya.


“pelaksanaannya sekira April mendatang,” tambah Ekafrie.



Sementara terkait kesiapan anggaran, Ekafrie mengaku sudah siap. 



“Karena pengangarannya dianggarkan melalui Pemerintah Daerah Bolsel (APBD),” kuncinya.



Reporter : Yus

Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar