Ads

Sabtu, 05 Desember 2020, Desember 05, 2020 WIB
Last Updated 2020-12-05T16:36:29Z
BITUNG

Unlimited Kreativitas Ditegah Pandemi, Sanggar Tangkasi Bitung Gelar Festival Film Pendek

Sanggar Tangkasi
Penayangan dan penjurian Festival Remaja Film Pendek 2020 oleh Sanggar Tangkasi Bitung diruangan pementasan Gedung Kesenian Pemkot Bitung. Sabtu 05 Desember 2020. (Foto: Alfonds Wodi)


JOURNALTELGRAF - Festival Remaja Film Pendek yang digelar oleh pengurus presidum Sanggar Tangkasi Bitung, yang merupakan program perdana diera Pandemi Covid-19.


Momentum ini, diapresisasi positif bagi pengurus presidium Sanggar Tangkasi, yang bertujuan untuk pembelajaran dalam kegiatan pementasan dan teater serta senimatografi diera digital.


Dalam pelaksanaannya kali ini sudah memasuki tahapan penjurian dimana pelaksanaan produksiannya telah digelar pada beberapa pekan lalu.


Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Festival Remaja Film Pendek, Jaladri Junius saat dikonfirmasi oleh sejumlah awak media disela-sela pelaksanaan penjurian Film Pendek yang digelar, diruangan pementasan Gedung Kesenian Pemerintah Kota Bitung diwilayah Kecamatan Girian. Sabtu (05/12/2020).


"Sebagai penganti program tahunan Festival Teater Remaja, yang tak mungkin bisa dilakukan lagi saat ini, dikarenakan oleh pandemi covid-19, sehingga digantikan dengan Festival Remaja Film Pendek, dan menyesuaikan pada protokol kesehatan," ujarnya.


Jaladri menambahkan, diera saat ini, dengan serba digital sebagai masyarakat Kota Bitung, khususnya kaum milenial yang bergerak di bidang industri kreatif dan seni pementasan diharuskan untuk menjalani tantangan diera serba digitalisasi.


"Pada kesempatan ini, sebanyak dua belas partisipan dari berbagai perwakilan sanggar disetiap SMA dan SMP se-Kota Bitung ditambah dengan satu sanggar dari perwakilan gereja GMIM Karunia Manembo-Nembo," ulas lelaki yang sudah meraih segudang prestasi didunia pementasan ini.


Lanjutnya pelaksanaan Festival Remaja Film Pendek, yang digelar kali, oleh pihanya akan dijadikan sebagai program tahunan dan secara reguler dilaksanakan bersama dengan Festival Teater Remaja yang tak berkesempatan dilakukan tahun ini.


"Sehingga tidak lagi hanya sebatas program pengganti namun sudah menjadi program reguler tahunan kami. Dan seperti apa yang disampaikan Presiden Sanggar Tangkasi (Axel Galatang. red), untuk memotivasi agar bisa menjadi satu rangkaian rutin dalam memperingati Hari Film Nasional yang diperingati setiap tanggal 30 Maret oleh insan perfilman di Nusantara, kami akan berusaha untuk merelisasikannya," tandas Pria yang murah senyum ini.


Sementara itu, salah satu peserta, Fabio Satriani yang mewakili Sanggar Cakrawala SMA Negeri I Bitung, menyampaikan optimisme atas upaya dan kerja timnya dalam mengikuti kegiatan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan tim kreatifnya.


"Terima kasih atas apresiasi dari Panitia pelaksana, yang merupakan presidium Sanggar Tangkasi, yang telah memberikan kesempatan kepada kami, untuk turut serta mengikuti diajang kali ini, yang juga merupakan hal baru bagi saya secara pribadi dan begitu juga dari tim kreatif kami," tandasnya.


Penayangan Festival Remaja Film Pendek, dihadiri langsung oleh Presiden Sangar Tangkasi Axel Galatang, serta melibatkan tiga perwakilan orang juri dengan berbagai latarbelakang di Dunia Industri Kreatif yakni;

  • Vick Chenorre (sutradara/praktisi teater dan film) 
  • Indah Manembu (sutradara) 
  • Alfaro Pinaria (pengamat film dan sinematografi)

Sebagai informasi daftar Sanggar kreatif di Kota Bitung, yang berpartisipasi dalam ajang Festival Remaja Film Pendek 2020 dengan penerapan protokol kesehatan sebagai berikut;

  • Sanggar Handayani/SMP Negeri 1 Bitung
  • Sanggar Fantastik/SMP Negeri 7 Bitung
  • Sanggar Gelora Samudera/SMP Negeri 2 Bitung
  • Sanggar Citra Pertiwi/SMP Negeri 5 Bitung
  • Sanggar Nyiur Malambai/SMP Negeri 12 Bitung
  • Sanggar Cinta Bahari/SMP Negeri 4 Bitung
  • Sanggar Tunas Gerbang Kota/SMP Negeri 6 Bitung
  • Sanggar Mentari/SMA Negeri 2 Bitung
  • Sanggar Cakrawala/SMA Negeri 1 Bitung
  • Sanggar Teknika/SMK Negeri 2 Bitung
  • Sanggar Spectrum/SMK Negeri 5 Bitung
  • Sanggar GMIM Karunia Manembo-Nembo
  • Sanggar Pelangi.


Reporter / Editor : Alfonds Wodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar