Ads

Minggu, 20 Desember 2020, Desember 20, 2020 WIB
Last Updated 2020-12-20T03:22:28Z
Buolsulteng

Gudang PT. HIP Bahayakan Pekerja, Ketua SPTI Buol Angkat Bicara

Foto : sejumlah pekerja PT. HIP sedang memperbaiki gudang di Pelabuhan Kumaligon (Pardi/JT)



JOURNALTELEGRAF - Ketua Serikat Pekerja Transport Indonesia (SPTI) Buol, Rauf angkat bicara terkait kondisi gudang penyimpanan Biji Kelapa Sawit (Kernel) milik PT. Hardaya Inti Planstations (HIP) yang nyaris roboh.


Gudang yang terletak di Pelabuhan Kumaligon Kecamatan Biau Kabupaten Buol Sulawesi Tengah itu sudah tidak layak dan disinyalir membahayakan pekerja yang ada di dalam gudang saat beraktifitas.

Pihak manajemen PT. HIP yang mendapat keluhan dari dua serikat pekerja baik dari SPTI maupun TKBM Pelabuhan Kumaligon langsung turun tangan memperbaiki sejumlah tiang penyangga dalam gudang.

Namun, menurut Rauf hal itu tidak efektif, karena pihak manajemen memperbaiki gudang dengan kayu bekas.


" Pihak perusahaan yang saat ini telah melakukan pembenahan gudang dengan menambah tiang penyangga di beberapa titik. Pihak perusahaan yang menurunkan pekerja untuk memperbaiki gudang tersebut serta dipantau langsung oleh pihak manejemen perusahaan. Tapi saya lihat itu tidak efektif karena tiang kayu yang digunakan juga tidak layak pakai karena bekas pakai di tempat lain," jelasnya, Minggu (20/12/2020).


Lanjutnya, bangunan tersebut kasat mata mengalami kemiringan bahkan retak di bagian dinding, harusnya pihak perusahaan memperbaiki dinding tersebut.

"Karena di dalam gudang itu ada pekerja yang melakukan aktivitas, kita mengkhwatirkan sewaktu-waktu bangunan tersebut roboh pastinya akan menimpah pekerja yang ada di dalam gudang," ungkapnya. 

Hal senada diungkapkan oleh salah seorang pengurus TKBM Pelabuhan Kumaligon saat di temui awak media ini di tempat yang berbeda.

" Saya melihat kayu tersebut sudah bekas pakai yang mana dijadikan tiang penyangga di dalam gudang penyimpanan Kernel. Sementara di dalam gudang ada pekerjaan yang akan melakukan bongkar muat dari gudang ke pelabuhan. Kami berharap pihak perusahaan PT.HIP yang merupakan pemilik dari gudang tersebut, secepatnya memperbaiki gudang penyimpanan Kernel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Reporter : Supardi
Editor :Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar