Ads

IGEL GAHAGHO
Minggu, 11 Oktober 2020, Oktober 11, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-11T02:59:22Z

Produktivitas Padi Di Tolitoli "Rendah"


JOURNALTELEGRAF 
- Pertumbuhan jumlah penduduk secara otomatis memperbesar tingkat konsumsi masyarakat. Kebutuhan akan beras, sebagai bahan pokok utama, pun demikian. Masalahnya, luas sawah saat ini makin menyusut. Karena itu, Wakil Ketua II DPRD Jemmy Yusuf menyatakan pemerintah terus menggenjot produksi padi untuk setiap satuan luas lahan.


Jemmy Yusuf mengatakan Saat Ini Produktivitas padi di Tolitoli hanya Berkisar 3,1 Ton per hektar (ha), jauh lebih rendah dibandingkan produktivitas rata-rata nasional sebesar 4,5-5,5 ton per hektar(ha) 


"Rendahnya produktivitas padi berdampak pada rendahnya kesejahteraan petani di tolitoli," terangnya pada awak media Journaltelegraf, Minggu (11/10/2020)


Tambahnya lagi, Indeks Nilai Tukar Petani (NTP), Sebagai indikator kesejahteraan, baru mencapai 92%.Artinya, antara usaha tani yang dikelolah dengan kebutuhan keluarga tani tidak Seimbang.


"Semoga pemimpin yang terpilih di 9 Desember nanti dapat meningkatkan produksi dan produktivitas padi sawah, serta mensejahterakan Petani," tutupnya


Reporter: Legitha Aswardy

Editor     : Igel Gahagho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar