Ads

JournalTelegraf
Sabtu, 03 Oktober 2020, Oktober 03, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-03T10:46:12Z
Kota ManadoMANADOManadobangetmanadodiberkatiMor-HjPMORHJP

MOR-HJP Hadiri Moon Cake Festival di Klenteng Ban Hin Kiong dan Kwan Kong


JOURNALTELEGRAF
- Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan - Hanny Joost Pajouw (MOR-HJP) bersama istri Imelda Bastiaan Markus-Dayvi Pajouw Mailoor menghadiri Moon Cake Festival (Kue Bulan) atau Festival Kue Bulan di 2 lokasi tempat Ibadah Tri Dharma terbesar di Manado yaitu Klenteng Ban Hin Kiong dan Klenteng Kwan Kong.


"Malam ini kami menghadiri perayaan Festival Mooncake yang ada di 2 tempat ibadah. Memang kali ini tidak seperti biasanya karena kita sedang dalam keadaan Pandemi COVID-19. Karena itu saudara-saudara kita ini hanya datang berkumpul dalam jumlah sedikit yaitu para umat dan keluarga untuk sembahyang dan mengucap syukur. Kami sangat senang bisa berbaur bersama umat yang ada dan saling berbagi cerita. Harapan kami untuk tahun depan pandemi ini sudah selesai dan acara ini bisa dirayakan dengan meriah." jelas Mor, Jumat (2/10/2020).

Moon Cake Festival (Kue Bulan) adalah Festival Bulan yang dilaksanakan umat Tri Dharma di Kota Manado yang diwarnai dengan kue-kue berbentuk bulat dan aneka Kue Pia khas Festival Bulan.

Festival yang dilaksanakan setiap tanggal 15 bulan 8 tahun Imlek sebenarnya jatuh pada 1 Oktober, kemarin. Namun seremonial perayaannya dipindahkan ke hari ini dengan beberapa pertimbangan.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, festival ini kami rayakan dengan meriah dan terdiri dari beberapa rangkaian termasuk Bazaar Kuliner. Namun untuk tahun ini kami melakukan penyesuaian dengan situasi Pandemi COVID-19 yang masih terus terjadi," ujar Ketua Badan Pengurus TITD Ban Hin Kiong, Jemmy Binsar.

Binsar juga sempat menjelaskan, disebut Festival Bulan karena dirayakan pada hari di mana Bulan mencapai Purnama penuh, sebagai lambang tercapainya kesempurnaan Dewi Tan Im dalam kepercayaan kami. 

"Perayaan ini sangat mirip dengan kegiatan Pengucapan Syukur yang ada di Minahasa. Karena kami juga bersyukur atas berkah Yang Mahakuasa dengan panen yang berlimpah untuk keluarga kami," jelas Binsar.

Turut memdampingi Wakil Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone dan anggota DPRD Manado dari Partai Demokrat Lily Walanda.

Reporter/Editor : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar