Ads

Selasa, 27 Oktober 2020, Oktober 27, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-26T16:52:51Z
Buolsulteng

Dari Pos Perbatasan Sulteng-Gorontalo di Paleleh, Wagub Apresiasi Pemerintah Buol

Foto : Wakil Gubernur Sulteng saat mengunjungi pos Perbatasan Sulawesi Tengah dan Gorontalo di Kecamatan Paleleh (Pardi/JT)


JOURNALTELEGRAF - Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Buol,  Wakil Gubernur Sulawesi Tengah DR. H.Rusli Baco Dg Palabbi  bersama rombongan langsung menuju ke perbatasan Provinsi Sulteng dengan Provinsi Gorontalo tepatnya di Desa Molangato, Kecamatan Paleleh, Kamis (24/10/2020).



Kunjungan tersebut untuk melakukan monitoring serta evaluasi penerapan Pergub No 32 tahun 2020 tentang penanganan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di pos perbatasan  Provinsi Sulawesi tengah dan Gorontalo.


Terlihat pejabat daerah Kabupaten Buol ikut serta mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah diantaranya Wakil Bupati, Abdullah Batalipu, Sekda Buol, Suprizal Jusuf,  Kapolres Buol, AKBP Dieno Hendro Widodo, SIK,  Danramil 1305-06 Paleleh, Kapten. Inf. Kamaludin, Danramil 1305-09 Bokat, Letda. Inf. Askari Djabar dan Kadis Perhubungan Buol dr. Arianto Panambang.

 
Dalam sambutanya, Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu menyampaikan terkait penutupan perbatasan antara propinsi di mulai sejak tanggal 21 Maret 2020.  Hal ini berdasarkan Kepres. No 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kepres. No 2 tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat serta keputusan Gubernur Sulteng No 360/134/BPBD-G.ST/2020 Tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Sulawesi Tengah.

"Pelaksanaan penutupan portal di perbatasan Buol dan Gorontalo ini telah dilaksanakan sejak 21 Maret sampai dengan hari ini tgl 24 Oktober 2020 dan akan dilanjutkan sampai bulan Desember 2020 hal ini di lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 antara propinsi," jelas Abdullah.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco dg  Palabbi menyampaikan pemerintah Sulawesi Tengah mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Buol serta tim Gugus Tugas Covid-19   yang telah menjaga di perbatasan antara propinsi.

"Terimakasih dan apresiasi kepada semua tim Gugus Tugas yang bekerja siang malam menjjaga pos perbatasan demi menjaga penyebaran covid-19 di Sulteng, khususnya Kabupaten Buol," kata Rusli.

Secara kumulatif dengan data yang ada perkembangan kasus Covid-19 di Sulawesi Tengah sebanyak 787 orang dengan rinciann meninggal dunia 31 orang , sembuh 512 orang, serta  dalam proses pengobatan 244 orang.

"Melihat data yang ada jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Buol sebanyak 63 orang, 1 orang meninggal dunia, 1 orang menjalani karantina mandiri dan sebanyak 62 orang telah dinyatakan sembuh," jelas Rusli.

Pada kesempatan itu  Wakil Gubernur melalui Kadis Kesehatan Sulawesi Tengah menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada petugas dari tim Gugus Covid-19 yang melakukan penjagaan di perbatasan.

Reporter : Supardi
Editor : Arham dila Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar