Ads

Rabu, 01 Juli 2020, Juli 01, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-01T13:46:12Z
Maurits MantiriPencinta Satwa LiarTokoh Lingkungan Kota Bitung

Wawali Bitung Paham dan Bijak Dalam Pelestarian Satwa Liar Beserta Habitatnya


Foto: (istimewa) Maurits Mantiri dan Ny Rita Tangkudung dan sejumlah warga saat melepas anak penyu di pesisir pantai Ghia di Kelurahan Motto


JOURNALTELEGRAF – Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri bersama Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantir, melepas ratusan anak penyu di Pantai Ghia Kelurahan Motto Kecamatan Lembeh Utara, bersama sejumlah warga. Minggu (20/06/2020).

Keterangan Maurits, pada minggu malam saat dirinya dikagetkan dengan ratusan anak penyu, yang berdatangan ke pendopo tempat kami beristirahat, yang berjarak kurang lebih 200 meter dari bibir pantai.

“Kami menduga kedarangan anak penyu tersebut, mereka mencari cahaya yang dipantulkan oleh lampu, sehingga kami langsung mematikan semua lampu,” ujar Maurits, Rabu (01/07/2020).

Maurits bersama istrinya dan sejumlah warga kemudian mengumpulkan anak penyu dalam wadah untuk menjaga jangan anak penyu itu dimangsa hewan lain.

“Saya pikir jumlahnya hanya puluhan, tidak tahunya sampai ratus karena terus berdatangan ke pendopo,” Ujarnya.

Mereka melepas anak penyu terebut ke bibir Pantai, pada keesokan hari, serta sadar akan karena penyu merupakan salah satu satwa yang dilindung dan harus dijaga habitatnya seperti satwa lainnya.

“Garis pantai pesisir Kelurahan Motto merupakan tempat penyu dewasa bertelur karna sifat dari induk anak penyu, lahir di tempat yang sama, yang sudah terjadi sejak dahulu dan akan tetap terjadi sampai kapanpun,” ungkapnya.

 Kita harus jaga bersama dan terus untuk melestarikan serta kedepannya masyarakat sekitar harus diberi edukasi untuk pelestarian  penyu, agar masyarakat pesisir paham dan ikut ambil bagian dalam pelestarian penyu di Kota Bitung dengan cara tidak mengganggu saat mendapati induk penyu sementara bertelur di pantai.

“Ini bukti jika Kota Bitung rumah bagi satwa dilindungi dan harus kita jaga bersama,” ungkap Wakil Walikota Bitung.

Reporter/Editor : Alfonds Wodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar