Ads

Rabu, 29 Juli 2020, Juli 29, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-29T00:21:31Z
Kemenkominfo RIMenkominfo RIPemkot Bitungpemprov sulutPusat Data Nasional

Menkominfo R.I Meninjau Lokasi Rencana Pembangunan Pusat Data Nasional di Kota Bitung

JOURNALTELEGRAF – Pembangunan Pusat Data Nasional oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, yang rencananya akan didirikan sebanyak empat titik di Indonesia.

Menkominfo RI. Johnny G Plate, saat meninjau Rencana pembangunan lokasi Pusat Data Nasional diwilayah perkebunan Kelurahan Pinokalan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung-Sulawesi Utara. Selasa 28 Juli 2020. (Foto: Alfonds/JT)

Hal tersebut, oleh Pemerintah Kota Bitung, melalui Kepemimpinan Max Lomban dan Maurits Mantiri, telah melakukan persiapan dan kesiapan dalam menyambut rencana pembangunan Pusat Data Nasional oleh Kemenkominfo R.I, dengan disiapkannya lahan seluas 4.3 hektar, di wilayah perkebunan Waleleng Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu Kota Bitung. Selasa (28/07/2020).

Dalam kesempatan ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G Plate melakukan peninjauan dan penilaian kesiapan lokasi pembangunan Pusat Data Nasional.

Dalam sambutan Menkominfo R.I, Johnny G Plate, mengatakan kehadirannya ke Kota Bitung saat ini dalam rangka untuk melihat kesiapan dari salah satu titik rencana pembangunan Pusat Data Nasional.

“Di Indonesia sebanyak empat Pusat Data Nasional yang direncanakan untuk dibangun, salah satunya adalah Kota Bitung dari tiga Kota lainnya antara lain; Jakarta, Kalimantan Timur dan Kepulauan Riau,” terangnya.

Dirinya melanjutkan, saat ini Negara kita memiliki 700 data center namun, sangat disangyangkan hanya 3 % saja, yang memenuhi standar global, dan ini sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan berdasarkan data nasional.

Menkominfo RI didampingi Walikota Bitung saat meninjau langsung lokasi rencana pembanguna Pusat Data Nasional di wilayah Kota Bitung. (Foto: Alfonds/JT)

“Hal ini terkait dengan masa depan Bangsa saat ini maupun masa yang akan datang, dan wajib untuk dikelola dengan saksama serta terencana sedetail mungkin, dengan syarat-syarat strategis maupun teknis dalam aksesibilitas dan securitynya serta Sumber Daya Manusia,” terang Menkominfo R.I.

Dalam kunjungannya, Menkominfo R.I di dampingi oleh Walikota Bitung Max Lomban serta Pejabat Eselon I KemenKominfo, dan turut hadir dari Jajaran Pejabat Pemkot Bitung, Kapolres Bitung AKBP F.X Winardi Prabowo SIK, Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat dan sejumlah anggota DPRD Kota Bitung.


Reporter/Editor : Alfonds Wodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar