Ads

Senin, 13 Juli 2020, Juli 13, 2020 WIB
Last Updated 2020-07-13T08:10:00Z
dr Piter Lumingkewaspemprov sulutRSUD Kota Bitung

Cegah Penyebaran Covid-19, RSUD Operasikan Lab Khusus Pemeriksaan PCR

JOURNALTELEGRAF – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bitung, oleh Gubernur Sulawesi Utara melalui Dinas Kesehatan  Pemerintah Sulawesi Utara ( Dinkes Pemprov Sulut), merealisasi kelengkapan Laboratorium (Lab) pemeriksaan sampel Swab.

Foto: (Alfonds/JT) proses penguntingan pita Lab pemeriksaan PCR oleh Direktur RSUD Kota Bitung

Hari ini, Senin (13/07/2020), tepatnya di Lab RSUD Kota Bitung, Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari Kota Bitung, melakukan kegiatan Launching Lab khusus untuk pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR),  metode Tes Cepat Molekuler dengan menggunakan alat GeneXpert untuk mempermudah dan efisiensi dalam mendeteksi Virus SAR-COV-2 penyebab Penyakit Covid19.

Direktur RSUD Kota Bitung, dr Piter Lumingkewas disela-sela pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan terima kasih kepada Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut serta Kadis Kesehatan Provinsi sehingga hal ini bisa terealisasi.

“Melalui Lab ini, kiranya akan mendapat kepastian Diagnosa, serta mendapatkan hasil yang cepat bagi para pasien, dan yang pasti akan sangat membantu pencegahan serta dapat mengendalikan penyebaran covid-19,” ungkap Piter.


Foto : (Alfonds/JT) Direktur RSUD Kota Bitung, dr. Piter Lumingkewas

Dirinya menambahkan, pentingnya tes PCR, untuk memastikan hasil rapid test, yang merupakan pemeriksaan diagnostik saat ini, dianggap paling akurat untuk memastikan apakah pasien tersebut positif covid-19 atau non positif.

“Untuk pemeriksaan saat ini di Lab kami, maksimal perhariannya delapan (8) sampel, dan bisa saja lebih tergantung dari kebutuhan,” ujar Direktur RSUD Kota Bitung ini. 

Reporter / Editor : Alfonds Wodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar