Ads

Jumat, 12 Juni 2020, Juni 12, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-11T16:15:38Z

Tim Gugus Pencegahan Covid-19 Boven Digoel Bentuk Tim Tracing Untuk Memutus Mata Rantai Virus Corona

JOURNALTELEGRAF-guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Boven Digoel, Tim gugus tugas pencegahan Covid-19 Boven Digoel membentuk tim tracking ( pelacakan).
Foto :(istimewa) Tenaga Medis Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Boven Digoel

Ketua Pokja Kesehatan tim gugus tugas pencegahan Covid-19 Boven Digoel dr. Yuki mengatakan tujuan dibentuknya  tim tracking ini yaitu melacak semua orang-orang yang kontak langsung dengan pasien.

Yuki juga menjelaskan dalam penanganan penyakit menular yang terutama itu yaitu pelacakannya, karena kita harus mencari kontak-kontak langsung atau kontak erat dengan pasien.

"Sehingga dengan pelacakan ini kita bisa temukan, dan dapat ditangani,periksa sehingga penyebaran penyakit menular itu dapat dibatasi dan teratasi begitu prinsipnya," tegasnya.

Lanjutnya, seandainya yang punya kontak ada di luar kabupaten misalnya Kabupaten Merauke maka kita akan berkoordinasi begitu pun sebaliknya, dan kita akan langsung melakukan pelacakan.

"Tetapi seandainya yang punya kontak erat di daerah sangat pedalaman itu kita tidak bisa melacak, misalnya ada pasien yang kontak eratnya ada di daerah pertambangan, daerah Pegunungan Bintang kita tidak bisa melakukan tracking karena butuh biaya yang besar serta di sana daerah pelosok dan minim jaringan komunikasi ," tambahnya.

Tetapi seandainya kontak pasien ada di distrik, kita melakukan tracing yaitu dengan berkoordinasi dengan puskesmas distrik.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat seandainya ditemukan hasil rapid reaktif jangan menolak untuk di karantina karena tujuan kita yaitu melindungi masyarakat Kabupaten Boven Digoel bebas Covid-19.

Reporter : Thedy Arwian
Editor : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar