Ads

Selasa, 09 Juni 2020, Juni 09, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-09T07:01:19Z
Arham Yacubbupati tolitolikabupaten tolitoliMoh Saleh BantilanPEMERINTAHAN

Setelah Dikarantina Hampir 2 Bulan, 9 Orang PDP Dilepas Bupati Tolitoli

JOURNALTELEGRAF - Setelah dikarantina selama hampir dua bulan, 9 orang warga Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah akhirnya dipulangkan ke rumah masing masing, Senin (8/6/2020).
Foto : (istimewa) Bupati Tolitoli, Moh Saleh Bantilan saat melepas 9 orang PDP dari gedung karantina setelah dinyatakan bebas covid-19

Pemulangan dihadiri langsung Bupati Tolitoli, Moh Saleh Bantilan di Gedung SKB yang menjadi lokasi karantina pasien Covid-19.

Pemulangan terhadap 9 orang PDP yang dirawat ini dilakukan karena berdasarkan hasil penelitian sampel swab, 3 orang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 yakni Ilham (26) dari Kecamatan Galang, Basran (33) dari Kecamatan Dampal Selatan dan Jamaludin dari Kecamatan Baolan.  

Sedangkan satu orang atas nama Sofyan (27) dari Kecamatan Galang terkonfirmasi bukan pasien Covid. Sementara 5 orang lagi sudah 2 kali hasil penelitian sampel swab terkonfirmasi negatif dan dipulangkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Moh Saleh Bantilan kepada kesembilan warga berpesan agar tetap menjaga kesehatan serta tetap melakukan upaya pencegahan.

"Saat di liar nanti tetap gunakan protokol covid-19, gunakan masker, rajin cuci tangan dengan air mengalir serta menjaga jarak," kata Ale sapaan akrab bupati yang sempat viral usai menutup seluruh akses masuk ke daerahnya saat covid-19 mulai mengkhawatirkan.

Didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan KabupatenTolitoli Anjamara, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, Camat Baolan Abdullah Burhanudin,  Koordinator Karantina Nurlaila, tenaga Surveilans, pengolah data, serta sejumlah perawat Pasien Covid-19 Kabupaten Tolitoli, bupati juga memberikan cenderamata atau bingkisan berupa vitamin, masker dan surat keterangan sembuh dari Covid-19.

Selain itu, Moh Saleh juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga medis perawat pasien Covid-19 sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Daerah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah ini.

"Kepada seluruh masyarakat agar jangan mengucilkan para pasien covid dan yang sudah dinyatakan sembuh dapat diterima sebagaimana mestinya sehingga tidak menjadi beban psychis bagi mereka saat berinteraksi di lingkungannya," pungkasnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A Yacub mengatakan bahwa untuk pasien yang positif sementara dirawat di RSUD Mokopido.

"Yang 3 pasien positif saat ini masih dirawat di RSUD Mokopido. Yang dikarantina adalah mereka yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan," katanya, Selasa (9/6/2020) saat dihubungi awak media ini.

Penulis / Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar