Ads

Senin, 08 Juni 2020, Juni 08, 2020 WIB
Last Updated 2020-06-08T06:22:52Z
Pariwisata

Cerita Dive Guide Tentang Dampak Pandemik Bagi Pariwasata Kota Bitung




Foto : (istimewa) Penyelam professional Kota Bitung

JOURNALTELEGRAF – World Oceans Day (WOD) yang jatuh setiap tanggal 08 Juni di tengah pandemik Covid-19 dampaknya sangat terasa bagi para penggiat alam bebas maupun stakholder pariwisata.

Yanto Katiandagho salah satu guide freedive yang sekaligus dive guide mengungkapkan, adanya pandemi covid-19 sangat terasa dengan profesinya, dimana biasanya ia kebanjiran order wisatawan dalam memperingati Hari Laut Sedunia seperti saat ini.

“Biasanya sudah dari jauh hari, saya kebanjiran order dari wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di Kota Bitung, bahkan di WOD seperti saat ini,” ujar Anto yang juga anggota dari komunitas Freedive Kota Bitung, Senin (8/7/2020).

Dirinya menambahkan, ia sangat berharap pandemi covid-19 cepat berlalu, dan ia dapat kembali beraktivitas serta dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

“Semoga pandemi covid-19, segerah berakhir dan dapat beraktivitas normal kembali.” katannya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung Pingkan Kapoh menerangkan,  saat ini Dispar Bitung mulai mensosialisasikan penerapan new normal di setiap destinasi wisata, hotel, resort, restoran, tempat wisata, agar dapat menyesuaikan dengan protap covid-19.  harus bisa menyesuaikan degan protokol.

“Dalam pelaksanaan aktivitas kepariwisataan kirannya pihak hotel, restauran, resort dan tempat wisata lainnya untuk dapat menerapkan protap covid-19 seperti wajib pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hand sanitiser, cek suhu tubuh, dan destinasi wisata harus menyiapkan peralatan protokol covid,” terang Pingkan saat dikonfirmasi via  whatsapp.

Ditanyakan peran Dispar Bitung dalam massa pandemi covid-19, bagi para pemandu dirinya menjawab.

“Pemandu juga harus mengikuti protap covid-19 dan SOP dalam melaksanakan pemanduan.” jawabnya.



Reporter  : Alfonds Wodi
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar