Ads

Rabu, 22 April 2020, April 22, 2020 WIB
Last Updated 2020-04-21T16:32:29Z
NASIONAL

Sosok Kartini Masa Kini, Anis Choirunisa Masinis Perempuan Pertama di Indonesia

JOURNALTELEGRAF - Kartini masa kini bisa disematkan kepada Anis Choirunisa (24), seolah mematahkan streotipe patriarki. Pasalnya, meskipun sebagai seoang perempuan, ia tak malu-malu tuk menekuni profesi masinis kereta api yang hari ini masih identic dengan kaum pria.
Foto : (istimewa) Anis Choirunisa, Masinis Perempuan pertama di Indonesia

"Terkait peringatan Hari Kartini, saya berpesan kepada seluruh wanita di Indonesia untuk tetap menjadi pribadi yang tangguh," Anis Choirunisa, saat diwawancara, Selasa (21/04/2020).

Anis menjadi masinis perempuan pertama kereta Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta. Senyum yang manis dan umur yang masih muda dengan kemahiran dan kecekatannya, ia bertugas membawa gerbong yang berisi penumpang dari stasiun ke stasiun lainnya.

Lulusan politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) madiun ini mengatakan sangat mencintai pekerjaannya saat ini. Lanjutnya, tak mudah untuk sampai pada tahap ini, mulai dari Diklat kemudian tes sertifikasi mengemudi.

"Awalnya ikut tes. Setelah lolos di PT LRT Jakarta, saya dan beberapa kandidat ditempatkan di Awak Sarana Perkeretaapian (ASP), nah kita melakukan serangkaian program Diklat kemudian tes untuk mendapatkan sertifikat mengemudinya. Dan Alhamdulillah lolos juga," ujar Anis, Selasa (21/4).

Pesan Anis di Hari Kartini ini bahwa jadilah wanita yang tangguh dan bisa diandalkan. Kita harus percaya diri berjuang meraih mimpi-mimpi seperti RA Kartini. 

Meski begitu, dirinya juga merasakan suka duka yang harus dijalani sebagai masinis. Sukanya bisa melihat penumpang tidak telat sampai tujuan, bisa mengangkat derajat orang tua. Dukanya tidak bisa sering berkumpul dengan keluarga di rumah karena kita harus tetap menjalankan tugas meskipun hari libur.

Reporter : Amir Wata
Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar