Ads

JournalTelegraf
Rabu, 04 Maret 2020, Maret 04, 2020 WIB
Last Updated 2020-03-04T16:46:35Z
BITUNGHEADLINEKESEHATANSulut

Warganya Diduga Terpapar, Pemkot Bitung Bentuk Satgas Corona


JOURNALTELEGRAF - Salah seorang warga Kota Bitung berinisial A (46) terindikasi terpapar virus korona atau covid-19.

A diketahui  bekerja di Malaysia. Yang bersangkutan sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke negara terdampak.

Saat pulang ke Indonesia melalui Kualalumpur, A transit di Singapura dan tiba di Manado pada 19 Februari 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bitung dr. Jeanestte Watuna saat dikonfirmasi membenarkan adanya warga Kota Bitung yang diduga terpapar virus corona dan saat ini dirawat di RSUP RD Kandou Manado.

"Ia benar. Awalnya penderita ini datang memeriksakan kesehatannya ke dokter praktek. Melihat gejalanya, dokter yang merawat penderita menginformasikan ke Dinkes Bitung. Mendapat laporan, kami langsung lakukan cek lokasi. Kemudian kami juga langsung melaporkannya ke Dinkes Provinsi. Selanjutnya penderita dibawa ke RSUP RD Kandou Manado. Disana di isolasi untuk pemantauan," ujar dr. Watuna melalui pesan whatsAppnya, Rabu (4/3/2020) malam.

Watuna mengungkapkan, pihak Pemkot Bitung melalui Dinas Kesehatan langsung mengambil langkah antisipatif dan taktis untuk mencegah penyebaran virus covid-19 ini.

"Kita sudah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) dan pemantauan rumah keluarganya. Saat ini sudah hari ke12, tinggal 2 hari lagi. Jadi sesuai tatalaksana, pasien sekarang dalam pengawasan. Keluarga juga dalam pemantauan kami," jelas Watuna seraya menjelaskan bahwa ini kasus pertama di Kota Bitung.

Sebelumnya, Pemkot Bitung sudah melakukan langkah antisipasi pencegahan.

"Saat ini juga Pemkot Bitung sudah membentuk SatGas antisipasi Corona dan terakhir sudah ada Surat Edaran Wali Kota buat seluruh masyarakat," jelas Watuna.

Watuna mengungkapkan, Pemkot Bitung juga gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 ini.

"Kami sudah memberikan himbauan dan sosialisasi ke masyarakat sebelum peristiwa hari ini. Masyarakat kami himbau agar jangan panik, membudayakan pola hidup bersih, makanan seimbang, jangan panik dan ikuti petunjuk dan sosialisasi yang telah dilaksanakan oleh puskesmas dan Dinkes," pungkas Watuna.

Tak hanya sosialisasi dengan membagi leaflet dan masker di tempat umum, pihak Dinkes Bitung pun melakukan sosialisasi di posyandu, tempat ibadah serta sekolah dengan menggandeng TP PKK Kota Bitung.

Penulis/Editor : Simon Ronald

Tidak ada komentar:

Posting Komentar