Ads

Rabu, 19 Februari 2020, Februari 19, 2020 WIB
Last Updated 2020-02-19T11:02:47Z
BITUNG

Ingatkan Pelajar Etika Bermedsos, Kasat Binmas Polres Bitung Kunjungi SMPN 6

JOURNALTELEGRAF - Satuan Binmas Polres Bitung melaksanakan Penyuluhan dan Sambang dalam rangka Operasi Bina Kusuma Samrat 2020, adapun Penyuluhan dilaksanakan di beberapa tempat seperti di SMP Negeri 6 Bitung, Kantor Kelurahan Sagerat dan Kelurahan Girian Weru Dua, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Rabu (19/02/2020).

Foto: (istimewa) Satuan Binmas Polres Bitung sambangi SMP Negeri 6 Kota Bitung

Dipimpin langsung oleh Kasat Binmas AKP Inge B. Marijo, SH menyampaikan materi penyuluhan di salah satu sekolah yang berada di bilangan Kelurahan Segerat tentang UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, Kenakalan Remaja, Etika Dalam Bermedsos dan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menurut Inge, pelajar paling banyak bersentuhan dengan media sosial. Oleh karena itu, pelajar wajib mengetahui etika bermedia sosial. Selain itu, pihak sekolah juga harus ketat mengawasi para siswa disaat proses belajar mengajar maupun usai pulang sekolah agar tidak menggunakan kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM.

"Ingat, media sosial itu ada etikanya, jika kalian membuat postingan yang mengandung pelanggaran hukum maka UU ITE akan menanti kalian. Selain itu para pendidik juga wajib mengawasi siswa yang ugal ugalan dengan sepeda motor, itu bisa membahayakan diri dan orang lain," kata mantan Kapolsek Ranowulu itu.

Setelah melaksanakan penyuluhan terhadap siswa-siswi di SMP Negeri 6 Bitung , Sat Binmas melaksanakan sambang di Kantor Lurah Sagerat kemudian memberikan Himbauan kepada Lurah, Para Kepala Lingkungan dan Ketua RT, tentang Pengaktifan kembali Poskamling yang ada, dan melakukan Antisipasi Paham Radikalisme serta melakukan pendataan terhadap pendatang baru yang tidak mau bersosialisasi dengan warga setempat.

Intinya kata Inge, kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh sat Binmas Polres Bitung ini guna mengantisipasi adanya kejadian menonjol dimulai dari para pelajar atau anak-anak muda yang masih dibawah umur, kemudian melibatkan pemerintah setempat agar terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Reporter : Richardo Pangalerang
Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar