Ads

Minggu, 26 Januari 2020, Januari 26, 2020 WIB
Last Updated 2020-01-26T15:15:27Z
Sangihe

Dana Desa Tahun 2020 Mulai Gunakan Siskeudes

JOURNAL TELEGRAF - Seiring berjalannya waktu, tahapan penyusunan dan penggunaan anggaran dana desa terus mengalami penyesuaian sehingga saat ini setiap desa diwajibkan menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Sangihe melakukan pelatihan/bimbingan teknis (Bimtek) cara penggunaan Aplikasi Siskeudes yang ditempatkan di Kantor Desa Petta Barat. (Sabtu,25/01/2020).


Pelatihan/Bimtek penggunaan aplikasi Siskeudes ini dipaparkan langsung oleh Staf Operator dari Dinas PMD kepada 3 Desa yakni Desa Petta Barat, Desa Petta Timur dan Desa Petta Induk serta dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat dari masing-masing desa.

Staf Operator Siskeudes Hendrik Hangau ketika diwawancarai mengatakan pelatihan/bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan agar setiap desa bisa memahami cara penggunaan aplikasi siskeudes.

"Memang tujuan pelaksanaan pelatihan ini, supaya kepala desa maupun perangkat bisa tau cara penggunaan aplikasi ini dan nantinya harus ada operator khusus siskeudes dari tiap desa." tutur Hangau

LanjutNya, Pelatihan/Bimtek Aplikasi Siskeudes memang harus dijalankan karena sudah ada surat penegasan dari pimpinan daerah untuk penggunaan dana desa tahun 2020 wajib menggunakan aplikasi Siskeudes.

 "Sudah ada surat penegasan dari bapak  Bupati tanggal 23 desember 2019, bahwa untuk dana desa tahun 2020 wajib memakai aplikasi Siskeudes, makanya kami mulai turun memberikan pelatihan ini ke desa, dan saat ini ditempatkan di Desa Petta Barat" Jelasnya lagi.

Sementara, Kepala Desa Petta Barat Siti Sjarah Gabriel memberikan apresiasi dinas terkait yang sudah memberikan pelatihan/Bimtek penggunaan aplikasi siskeudes bagi 3 desa.

"Kami sangat berterimakasih atas kehadiran dari Dinas PMD yg saat ini diwakili oleh Pak Hendrik Hangau sebagai ketua tim yang sudah memberikan pelatihan bagi kami di 3 desa ini. Pelatihan yang seperti ini memang perlu agar dalam penggunaan dana desa, mulai dari pentahapan penyusunannya sudah tertata dengan baik melalui aplikasi ini" tutur Gabriel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar