Ads

Minggu, 03 Desember 2023, Desember 03, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-03T15:46:54Z
NASIONAL

Status Gunung Marapi Pasca Meletus Tetap Waspada, Warga Diminta Ikuti Himbauan Pemerintah Daerah

Situasi di kaki gunung Marapi saat terjadi erupsi (Foto : istimewa) 


JOURNALTELEGRAF - Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang meletus hari ini, Minggu (3/12/2023) kondisi dari pantauan PVMBG masih mengalami gejala peningkatan aktivitas vulkanik. 


"gejala peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Marapi yang dapat terjadi erupsi bersifat eksplosif ini sudah berlangsung sejak Januari 2023. Oleh karenanya status tetap di level II (level Waspada), karena sewaktu-waktu dapat erupsi seperti yang terjadi hari ini. Di sisi lain, secara intrumental ada peningkatan sedikit dan itupun hanya alat yang di puncak yang merekam, yang mana berarti sumber tekanan relatif dekat puncak/di bawah kawah," jelas Ade Irawan, Tim Pusat Pengendali Operasi BPBD Kabupaten Agam. 


Sebelumnya kata Ade, berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh hingga 16 November 2023, maka tingkat aktivitas Gunungapi Marapi masih tetap pada Level Il (Waspada) dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini.


Sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Marapi pada Level II (Waspada), maka direkomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan melakukan kegiatan pada radius 3 km dari kawah/puncak.


"Masyarakat yang ada di sekitar Gunung Marapi diharapkan tenang tidak terpancing isu- isu tentang letusan G. Marapi. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak abu vulkanik bagi kesehatan. Mengamankan sarana air bersih serta membershkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh, " tuturnya. 


PVMBG-Badan Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BNPB, BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kabupaten Agam, dan BPBD Kabupaten Tanah Datar dalam memberikan informasi tentang aktivitas Gunung Marapi.


Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar