Ads

Kamis, 21 Desember 2023, Desember 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-22T06:12:08Z
Nusa Utara

Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Samrat 2023, Polres Sangihe Siap Amankan Nataru

 

Suasana Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2023



JOURNALTELEGRAF- Polres Kepulauan Sangihe melaksanakan Apel Gelar pasukan Operasi Lilin Samrat 2023, bertempat di halaman upacara Mapolres Kepulauan Sangihe, Kamis,(21/12/2023). 


Apel gelar pasukan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, dengan tujuan utama pengamanan jelang perayaan hari besar keagaaman yakni peringatan Natal 2023 dan malam perpisahan tahun menyongsong tahun baru 2024. 


Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan selaku inspektur upacara saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir persiapan personil maupun sarpras yang akan dilakukan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dapat berjalan dengan optimal. 


"Sebagaimana diamanatkan oleh Presiden RI Joko Widodo bahwa Natal dan tahun baru ini harus direncanakan dan disiapkan dengan baik mulai dari transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok. Hal tersebut penting karena momentum nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat, " jelas Tamuntuan. 


Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Nataru ini diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi," tambahnya. 


Lanjut Tamuntuan, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi Lilin 2023 selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024; dengan melibatkan 129.923 personel terdiri dari TNI Polri serta stakeholder lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.


"Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan Kamtibmas yang harus diwaspadai. Pada sisi kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menertibkan SKB yang memuat tentang pemberantasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalulintas, pengendalian arus lalulintas penyeberangan laut, dan penundaan perjalanan. Tentunya SKB ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan. Kemudian pada sisi Kamtibmas untuk menjamin keselamatan ibadah Natal berlangsung aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama," tutupnya. 


Sementara itu, Kapolres Kepulauan Sangihe AKBP Dhana Ananda Syahputra S.H S.I.K. M.Si kepada sejumlah awak media menyampaikan, sudah disiapkan sejumlah personil untuk mengamankan perayaan Nataru.


"Untuk Mendukung Pengamanan Nataru ini ada 123 Personil yang di siapkan dalam menjaga keamanan di tempat ibadah, sejak mulai ibadah sampai dengan selesai. Selain itu, ada tiga pos pengamanan yang nantinya akan menjadi pos komando, di antaranya di Tahuna kemudian di Pasar Petta dan yang ke tiga di Pasar Tamako, sedangkan dua pos terpadu ada di Pelabuhan Tahuna dan di Pasar Towo," terang Kapolres.



Tim Redaksi JT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar