Ads

Rabu, 13 Desember 2023, Desember 13, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-12T17:20:24Z
Sulawesi Tengah

Bupati Verna Inkiriwang Tegaskan Bahwa Posyandu Pilar Utama Program Poso Sehat

Bimtek Posjanal Posyandu se Kabupaten Poso (Foto : istimewa) 


JOURNALTELEGRAF - "Poso Sehat" sebagai salah satu pilar uggulan Pemerintah Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.


Lewat program unggulan tersebut, Pemkab Poso terus melakukan dan mendorong pengingkatan pelayanan kesehatan melalui berbagai kegiatan.


Seperti terpantau pada, Selasa (12/12/2023) digelar kegiatan Bimtek Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tingkat Kabupaten Poso di salah satu hotel di Poso dan dihadiri Ketua TP PKK, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, camat dan Kepala Puskesmas (Kapus), serta anggota kelompok kerja operasional posyandu Kabupaten Poso.


Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setda Kabupaten Buol  Abdul Kahar Latjare yang membacakan sambutan tertulis bupati menekankan pentingnya kesehatan sebagai masalah universal yang membutuhkan perhatian serius dari pemerintah.

Peserta Bimtek Posjanal Posyandu (Foto : istimewa) 


 “Setiap individu berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya. Kesehatan yang optimal diharapkan dapat menciptakan generasi yang sehat, baik fisik maupun mental, guna mendukung kemajuan bangsa.” katanya.


Bupati juga mengatakan bahwa bimtek tersebut  sangat strategis dalam mendukung Program Unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, terutama dalam mewujudkan Pilar Poso Sehat. Untuk itu bupati  menyoroti peran penting posyandu sebagai tempat pelayanan bagi balita, termasuk pemantauan pertumbuhan, pemberian imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak, hingga penyuluhan dan konseling. 



“Saya berharap kepada para peserta agar  mengikuti bimtek ini dengan serius, aktif berinteraksi dan berdiskusi untuk  mengaplikasikan materi yang disampaikan para narasumber di lapangan nantinya. Karena hal ini sangat  penting untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan manajerial serta teknis anggota Pokjanal demi kepentingan bersama.” ajak bupati Poso.


Menurutnya lagi, bahwa  Bimbingan Teknis itu  juga diarahkan untuk mendukung upaya pencegahan dan pengentasan stunting di Kabupaten Poso. Evaluasi berkala diharapkan dapat memastikan efektivitas program ini dan mencakup seluruh lapisan masyarakat, termasuk wilayah-wilayah yang terpencil, tambahnya.


“Saya optimis melalui kerjasama dan semangat kebersamaan dari seluruh stakeholder, program Posyandu akan semakin baik. Karena dengan bekerja bersama, membangun bersama, masyarakat Kabupaten Poso akan meraih kesejahteraan bersama,” tutupnya. 


Reporter : M. Fadel Rumanaf

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar