Ads

Selasa, 21 November 2023, November 21, 2023 WIB
Last Updated 2023-12-08T16:37:05Z
Nusa Utara

Tamuntuan Apresiasi Terselenggaranya Festival Rumah Raja 2023



JOURNALTELEGRAF - Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe membuka secara resmi Festival Rumah Raja Manganitu 2023, bertempat di Desa Mala, Kecamatan Manganitu. Senin, (20/11/2023).


Berdasarkan agenda acara yang ada, festival tersebut akan berlangsung hingga tanggal 25 November nanti dan bakal menampilkan kekayaan budaya dan seni daerah dengan melibatkan seluruh desa yang di wilayah Kecamatan Manganitu.


Kegiatan festival ini menjadi momen bersejarah, karena merupakan yang pertama kali digelar. Dimana setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Manganitu memiliki stand sendiri yang memamerkan berbagai produk kerajinan lokal serta menawarkan beragam kuliner khas daerah. Tak hanya melibatkan masyarakat umum, festival ini juga mendorong partisipasi pelajar SD, SMP, dan SMA melalui lomba baca puisi dan pagelaran seni budaya seperti tarian Ampa Wayer dan Masamper.


Hadirnya kegiatan ini mendapat apresiasi dari Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan terhadap Pemerintah Kecamatan Manganitu dan para Kepala Desa serta seluruh elemen masyarakat atas terselenggaranya kegiatan ini.


"Kegiatan ini sangat menunjang pariwisata dan juga budaya dari Kabupaten Kepulauan Sangihe. Apalagi pada kegiatan Festival Rumah Raja 2023 ini juga ada keterlibatan adik-adik pelajar SD, SMP, dan juga SMA," ungkap Tamuntuan.


Dia juga menyebutkan bahwa festival ini tidak hanya melestarikan nilai-nilai budaya daerah, tetapi juga memberikan dampak positif pada dunia pendidikan.


"Tentunya ada banyak hal yang bisa diberikan oleh adik-adik pelajar dalam kegiatan ini, sebab saya melihat Kecamatan Manganitu ini adalah kecamatan yang benar-benar memberikan dampak untuk budaya-budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujar Tamuntuan

 

Dalam kesempatan tersebut, Rinny Tamuntuan juga mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Manganitu untuk bersyukur atas dinobatkannya Pahlawan Nasional, salah satu Raja Manganitu, Bataha Santiago, pada tanggal 10 November 2023.


"Kita semua juga bersyukur karena ternyata Manganitu ini adalah daerah yang selain kaya budaya dan keseniannya, juga pada tanggal 10 November kemarin telah berhasil memperoleh penghargaan pahlawan nasional Raja Bataha Santiago," tutupnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Festival Rumah Raja, Richard Manulong, melaporkan bahwa kegiatan ini adalah bukti nyata dari upaya pemerintah untuk menunjang bakat anak-anak SD, SMP, dan SMA serta mendukung program pembangunan wisata dan pelestarian seni budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


"Kegiatan ini juga untuk promosi wisata Rumah Raja serta pemberdayaan UMKM dan wadah penyaluran bakat kalangan pelajar di wilayah Manganitu," jelasnya.


Usai membuka kegiatan, dr Rinny Tamuntuan bersama jajaran pejabat daerah menyambangi satu per satu stand yang ada di lokasi festival, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung dan memeriahkan Festival Rumah Raja Manganitu 2023.



Tim Redaksi JT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar