Ads

Senin, 27 November 2023, November 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-11-27T06:47:38Z
sulteng

Inovasi Warbinpas Lengkapi Program Kemandirian Berjalan Maju

 


JOURNALTELEGRAF – Satu lagi inovasi dari Warbinpas diLapas Kelas IIB Tolitoli guna meningkatkan presentasi kesuksesan dalam pengeraman telur yang lebih tinggi dibanding teknik manual, pembinaan kemandirian peternakan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelaas IIB Tolitoli, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, kini gunakan mesin penetas telur otomatis hasil inovasi dari Warbinpas untuk mendukung pelaksanaan program yang dijalankan, Senin (27/11/23).



Pada uji coba pertama, satu unit mesin penetas telur otomatis telah berhasil diuji coba, mampu mengeramkan puluhan telur dalam sekali beroperasi, rentang waktu kurang lebih dua minggu. 



“Satu mesin itu, bisa untuk puluhan biji telur ayam kampung, dengan waktu menetas kurang lebih 22 hari, telur puyuh hingga ratusan biji, dengan waktu menetas kurang lebih 15 hari dan puluhan juga biji telur bebek dengan waktu menetas kurang lebih 28 hari, saat ini yang ada di kandang dan sudah menetas, ada telur ayam,” ungkap Frengki, sebagai Kasubsi Bimker yang bertanggung jawab pada Program Kemandirian tersebut.



Kepala Lapas Kelas IIB Tolitoli, Ishak mengungkapkan, adanya mesin ini, sangat berdampak terhadap pelaksanaan pembinaan kemandirian peternakan, lebih praktis dan hemat waktu, juga diharapkan memberikan kemajuan terhadap pelaksanaan pembinaan peternakan di Lapas Kelas IIB Tolitoli.



“Pengeraman telur secara tradisional itu kan butuh waktu lama, jadi dengan adanya mesin ini, peternakan kita bisa menetaskannya kapan saja, selain itu juga lebih praktis dan ekonomis, karena dapat mengeram dan menetaskan telur dengan jumlah yang banyak, sesuai dengan kapasitas dari mesinnya itu,” jelas Ishak.



“Keren Inovasi dari Bapak Kalapas, lakukan uji terus menerus sampai ditemukan formula yang ideal” tutup Herman orang nomor satu diKanwil Kemenkumham Sulteng.




Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar