Ads

Jumat, 06 Oktober 2023, Oktober 06, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-06T07:25:00Z
MANADO

Sempat Hilang di Hutan Desa Ranomerut Kabupaten Minahasa, Seorang Lansia Akhirnya Ditemukan Selamat Tim SAR Gabungan


Tim SAR gabungan lakukan upaya pencarian warga yang hilang di hutan (Foto : istimewa)


JOURNALTELEGRAF - Salah seorang warga Jaga III, Desa Ranomerut, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara bernama Piet Sambouw dikabarkan hilang.


Kabar ini disampaikan oleh keluarga korban kepada Basarnas Manado, Kamis (5/10/2023). Dimana Piet yang sehari hari berprofesi sebagai petani berpamitan ke kebun sekitar pukul 09.00 Wita, Selasa (3/10/2023) dan tidak kembali. Padahal dari informasi keluarga, Piet biasanya pulang ke rumah untuk makan siang setiap pukul 12.00 Wita. 


Upaya pencarian dilakukan keluarga dibantu warga selama dua hari pasca korban tak kunjung pulang dan tidak menemukan tanda tanda keberadaan korban.


Tim SAR gabungan pun diterjunkan untuk melakukan upaya pencarian di lokasi. Diantaranya, Basarnas, BPBD, RAPI, keluarga korban dan masyarakat setempat 


Namun, hingga malam hari tim belum menemukan korban, Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado, Jandry Paendong meminta masyarakat yang biasa berburu bisa melaporkan jika menemukan adanya tanda tanda korban.


"Kami berharap masyarakat ssgera melaporkan jika menemukan tanda randa keberadaan korban ke posko Tim SAR," jelasnya.


Sekitar Pukul 04.00 Wita dini hari, Jumat (6/10/2023) tim SAR gabungan menerima informasi bahwa telah menemukan korban di dalam semak semak ilalang dari seorang pemburu lokal. Tim SAR gabunfan langsung bergerak ke loksi untuk mengevakuasi korban.


"Saat ditemukan korban sedang tertidur di semak semak dalam kondisi lemas, kami langsung melakukan evakuasi ke puskesmas setempat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut mengingat kondisinya lemas dan dehidrasi," jelas Jendry.


Pasca ditemukannya korban, Jendry Paendong menjelaskan bahwa tim SAR sempat kesulitan melakukan oencarian karena kondisi hutan yang cukup lebat.


"Puji Tuhan berkat pemburu lokal yang sedang melaksanakan berburu di sekitar LKP korban akhirnya ditemukan dengan selamat, info yang kami dapatkan korban ini sudah lansia dan mudah lupa, kami himbau kepada keluarga agar memperhatikan korban pada saat keluar rumah," pungkasnya.



Reporter : Ewin Agustiawan

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar