Ads

Selasa, 05 September 2023, September 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-04T23:37:10Z
Buol

Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Tinombala - 2023, Kapolres Buol Menggarisbawahi Keamanan Jelang Pemilu 2024

 




JOURNALTELEGRAF-Kapolres Buol, AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Tinombala-2023, Senin (04/09/23). Apel ini diadakan di Lapangan Apel Polres Buol, sebagai respons terhadap Surat Telegram Kapolda Sulteng Nomor: STR/244/VIII/OPS.1.3./2023 tertanggal 14 Agustus 2023, yang mengatur pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala - 2023 di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah. Operasi ini direncanakan akan berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 04 hingga 17 September 2023.

Puncak apel tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk PJ. Bupati Buol yang diwakili oleh Asisten I, Plh. Pabung Kodim 1305 Buol, Danposal Buol, perwakilan Ketua DPRD Buol, perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Buol, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Buol, perwakilan Kadishub Buol, Kepala BPBD Buol, Kalapas Buol, serta perwakilan Kasat Pol PP Buol. Adapun peserta apel terdiri dari berbagai elemen, termasuk 1 peleton TNI AD/AL, Samapta, Lalulintas, Staf Gabungan, Gabungan Reskrim/Narkoba/Intelkam, Satpol PP, Dishub, BPBD, dengan KBO Intelkam Ipda Revelino Banjajara sebagai komandan apel dan AKP Dewa Nyoman Sujendra, SH, sebagai perwira apel.

Selama apel, Kapolres Buol memeriksa pasukan apel dan memberikan pita tanda operasi kepada perwakilan dari Personel TNI, Sat Lantas, Satpol PP, serta Dishub.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolres, Kapolda Sulteng, Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, S.I.K, S.H, M.H, menegaskan bahwa pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala bertujuan untuk mengurangi pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, dan angka fatalitas, serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas sebelum, saat, maupun setelah Operasi Zebra 2023. Sasaran ini mencakup orang/pengendara, lokasi/tempat, dan barang/benda/kendaraan secara tematik sesuai dengan karakteristik kerawanan daerah masing-masing.

Kapolres menegaskan bahwa Operasi Zebra Tinombala tahun ini bertujuan untuk mengurangi jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, dan menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas yang mantap.

Apel gelar pasukan berjalan dengan lancar, tertib, dan aman, dan berakhir sekitar pukul 09.00 WITA. Diharapkan bahwa Operasi Zebra Tinombala-2023 akan memberikan kontribusi positif dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman dan tertib menjelang Pemilu 2024.

Moh Asri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar