Ads

Kamis, 13 Juli 2023, Juli 13, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-13T04:13:34Z
Sulawesi Tengah

Semarak Hari Koperasi Tahun 2023 di Kabupaten Morowali



Hari Koperasi Nasional Ke-76 di Morowali (Foto: Journal Telegraf)

JOURNALTELEGRAF - Hari Koperasi Nasional Ke-76 di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (12/7/2023) dihadiri Persatuan Ojek Labua.


Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali, Asma Ul Husna Syah, Hari Koperasi tahun 2023 hendaknya menjadi momentum bagi seluruh koperasi yang ada di Morowali mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya yang ada.


"Kami berharap seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Morowali mampu menjawab tantangan zaman, apalagi di era digitalisasi saat ini, dimana perubahan terjadi begitu cepat," kata Asma.


Lebih jauh Asma menjelaskan bagaimana koperasi lahir sebagai landasan ekonomi Indonesia.


"Koperasi itu dasarnya adalah ekonomi gotong royong oleh karena itu tema Hari Koperasi tahun ini adalah Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat," ujar Asma.


Sebagai informasi, sejarah lahirnya koperasi sebagaimana dikutip dari laman Kemendikbud, perkoperasian di Indonesia bermula pada tahun 1886 saat Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja di Purwokerto mendirikan bank untuk para pegawai negeri (Priyayi). Bank tersebut didirikan ubtuk menolong para pegawai yang terjerat pinjaman dengan bunga tinggi.



Reporter : Paryano

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar