Ads

Rabu, 26 Juli 2023, Juli 26, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-26T08:16:28Z
sulteng

Bupati Morut Buka Rakor Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan, Satuan Polisi Pamong Praja se-Provinsi Sulawesi Tengah

 



JOURNALTELEGRAF - Dalam rangka mewujudkan kemandirian Pemadam Kebakaran (Damkar) dan pembentukan relawan Damkar pada Desa/Kelurahan yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023-2024, maka Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se-Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Rapat Koordinasi yang dibuka secara langsung oleh Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS bertempat di Ruang Pola pada Rabu pagi (26/07/2023). 


Laporan kegiatan yang dibacakan oleh Drs. Arjan Usman M.Si selaku Kepala Bidang Damkar pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Provinsi Sulawesi Tengah, tujuan diselenggarakannya Rakor ini adalah untuk Penguatan tugas dan fungsi serta peran Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan masyarakat dari ancaman bencana kebakaran dan non kebakaran di Sulawesi Tengah. 


Selain itu, Rakor ini juga bertujuan untuk merumuskan arah kebijakan, sub urusan kebakaran dalam rangka penguatan kelembagaan, Pengembangan SDM , dan pemenuhan sarana dan Prasarana pemadam kebakaran dan penyelamatan di Sulawesi Tengah. 


Dalam sambutan tertulis Gubernur Sulawesi Tengah yang dibacakan oleh Bupati Delis mengatakan bahwa Rakor ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan langkah tindak dalam menyiapkan kemandirian Damkar dan pembentukan relawan Damkar sampai pada tingkat Desa dan Kelurahan. 


Gubernur optimis dengan dilaksanakannya kegiatan ini, maka resiko kebakaran sampai dengan tingkat desa dan kelurahan dapat berkurang dan teratasi dengan cepat, tepat sesuai dengan respon time yang dimiliki.


"Pembentukan Damkar, relawan damkar dan penyelamatan yang tersebar dari tingkat Desa/Kelurahan yang berbasis pembinaan sampai dengan tingkat Nasional diharapkan dapat memberikan dampak yang baik dalam penyelenggaraan sub urusan kebakaran Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah", jelasnya. 


Bupati Delis juga menambahkan bahwa para personil Damkar merupakan petarung (fighter) sejati. Dibawah slogan "Yudha Brama Jaya" yang berarti Pantang Pulang Sebelum Api Padam, para personil Damkar diharapkan dapat benar-benar menjadi Fire Fighter sejati.


Bupati Delis juga mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pimpinan Satpol-PP se-Provinsi Sulawesi Tengah yang hadir karena berkat kerja keras dari para personil Satpol-PP, iklim kondusif yang tercipta di Provinsi Sulawesi Tengah ini dapat terjaga, sehingga menambah kepercayaan dari para  investor yang masuk di Provinsi Sulawesi Tengah. 


"Keberhasilan Provinsi Sulawesi Tengah dalam menjaga investasi yang ada tidak lepas dari peran Satpol-PP dalam menjaga kondusifitas wilayahnya. Oleh karena itu kami sangat berterima kasih atas kerja keras dari personil Satpol PP yang ada", pungkasnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara  kepada Pemprov Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Drs. Arjan Usman M.Si selaku Kepala Bidang Damkar pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Provinsi Sulawesi Tengah. 


Nampak hadir mendampingi Bupati yakni Dandim 1311 Morowali/Morowali Utara Letkol Inf. Alzaki, SE, MM, MBA, M.M.A.S, Kapolres Morut yang diwakili oleh Kasat Samapta AKP A. Rapar, Kacabjari Kolonodale Andreas Atmaji, S.H, Sekda Morut Ir. Musda Guntur, M.M.


Hadir pula Kasat Pol-PP Provinsi Sulteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Damkar Drs. Arjan Usman, M.Si, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Kasatpol PP dan Damkar Morut Buharman Lambuli S.Sos beserta Kasat Pol-PP dan Damkar se-Sulteng, Kepala Lapas Kelas III Kolonodale diwakili oleh Heru Cahyono, S.H. serta dihadiri pula oleh sejumlah pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut.



Reporter : Arthomo Lagaronda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar