Ads

Rabu, 28 Juni 2023, Juni 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-28T00:20:10Z
PendidikanSulsel

Turun langsung melihat potensi Desa Bacu-bacu, LPM Penalaran UNM gelar seminar hasil penelitian melalui kegiatan PMP-OMK XXVI

 



JOURNALTELEGRAF-Salah satu syarat lulus PMP-OMK (Pelatihan Manajemen Penelitian- Orientasi Manajemen Keorganisasian), calon anggota perlu melewati seminar hasil penelitian untuk menjadi anggota LPM Penalaran UNM.


Kegiatan seminar hasil ini dilaksanakan pada hari minggu, 25 Juni 2023 bertempat di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Kegiatan ini dihadiri oleh 2 penanggap ahli yakni Indrawan, S.Pd dan Sekretaris Desa Bacu-Bacu, Muhammad Sahur.


Berbeda PMP-OMK sebelumnya, peserta PMP-OMK XXVI meneliti secara langsung ke desa Bacu-bacu untuk melakukan penelitian.


Dari kegiatan PMP-OMK, calon anggota berhasil menghasilkan tujuh penelitian dari tujuh kelompok dengan berbagai judul penelitian dengan fenomena yg berbeda.



Judul penelitian yang di seminar hasilkan yakni: 

a. Potensi Pariwisata Padang Indah Desa Bacu Bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru

b. Profil Budidaya dan Tinjauan Prospek Pemasaran Kacang Tanah di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

c. Presepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru

d. Pengaruh Video Interaktif terhadap Tingkat Pemahaman Pelajaran Bahasa Inggris di UPTD SDN 156 Baru

e. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Aparatur Desa Bacu-bacu, Kabupaten Barru

f. Persepsi Masyarakat terhadap Pengelolaan Sampah di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru

g. Analisis Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia pada Lansia di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru 


salah satu peserta, Mukmin mengungkapkan  banyak belajar mengenai penelitian dan terjalin  hubungan yang erat sesama antar kelompoknya merupakan kunci selesainya penelitian ini. 


"PMP-OMK itu sangat menarik, saya banyak belajar hal tentang penelitian serta terjadinya hubungan erat antar kelompok dan orang orang disini membuat pmp-omk lebih menyenangkan", ujarnya


Tak lupa, Katua Umum LPM Penalaran UNM, Ishak mengucapkan selamat kepada 7 kelompok peneliti yang telah melewati seminar hasil dan berharap kegiatan ini dapat sebagai pembelajaran awal bidang penelitian bagi calon anggota.


"Saya mengucapkan selamat kepada 7 kelompok peneliti yang telah melakukan seminar hasil di balai kantor desa yang disaksikan langsung pleh aparatur desa dan masyarakat. Kita berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peneliti dalam proses pembelajaran awal dalam bidang penelitian dan memberikan dampak positif bagi pemerintah Desa Bacu-bacu terkait hasil dari topik penelitian yang diangkat", ungkapnya.



Reporter: Angel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar