Ads

Rabu, 14 Juni 2023, Juni 14, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-14T05:26:34Z
Ekonomi

Dahsyatnya Transformasi Limbah Plastik! Sharp Ecobition Workshop di Palembang Menginspirasi Generasi Muda dalam Pelestarian Lingkungan!"

 





JOURNALTELEGRAF-Palembang, 12 Juni 2023 - Di tengah permasalahan serius limbah plastik yang melanda Indonesia, Sharp, sebagai pionir brand elektronik dunia, mengambil langkah berani untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. 


Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-110, Sharp Indonesia menyelenggarakan program unik yang bertajuk "Sharp Ecobition Workshop" di kota Palembang.


Dalam upaya mengurangi dampak negatif limbah plastik, program ini mengajak siswa-siswa SMAN 6 Palembang untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar. 



Melalui workshop ini, mereka diberikan kesempatan untuk belajar mengolah limbah plastik menjadi barang bernilai guna, seperti sampul buku, wadah smartphone, dan dompet. 


Dengan demikian, program ini tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga mendorong terciptanya kebiasaan positif dalam mengelola sampah plastik.


Menurut Agus Soewadjie, Assistant General Manager Marketing Communication Division, PT Sharp Electronics Indonesia, program Sharp Ecobition Workshop adalah bentuk nyata komitmen Sharp Indonesia dalam pelestarian lingkungan. 


Ia menyatakan, "Melalui program ini, kami ingin mengajak masyarakat khususnya siswa sekolah untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Tema perayaan hari lingkungan hidup sedunia 'Solusi Untuk Polusi Plastik' menjadi fokus utama kami dalam menginspirasi generasi muda untuk berperan sebagai solusi dalam mengurangi penggunaan plastik."


Program Sharp Ecobition Workshop sebelumnya telah sukses diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo. Kini giliran Palembang untuk merasakan manfaat dari program ini. 


Dalam kolaborasi dengan Kertabumi Recycling Center, siswa-siswa dan tamu undangan diajak untuk berkreasi dalam daur ulang limbah plastik menjadi produk yang bermanfaat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan tercipta kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.


Tidak hanya melalui workshop, Sharp juga menggelar pameran Sharp Ecobition di Main Atrium - Palembang Trade Center. Pameran ini merupakan wadah bagi masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam aksi pelestarian lingkungan. 


Dalam pameran tersebut, pengunjung diundang untuk mengumpulkan sampah plastik, kertas, kaleng, dan botol kaca yang nantinya dapat ditukarkan dengan tas ecobag dari Sharp. 


Hal ini merupakan inisiatif dari Sharp Indonesia untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengurangi sampah plastik dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.


Dalam era yang semakin sadar akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan, langkah-langkah seperti yang diambil oleh Sharp melalui program Sharp Ecobition Workshop menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain dan masyarakat umum. Dengan memadukan edukasi, kreativitas, dan partisipasi aktif, program ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pelestarian lingkungan.


Agus Suwan, Branch Manager Cabang Palembang, PT Sharp Electronics Indonesia, menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini juga merupakan bagian dari pameran Sharp Ecobition yang berlangsung di Main Atrium - Palembang Trade Center. 



"Pameran ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan produk-produk inovatif dari Sharp yang ramah lingkungan," ujar Agus.



Selain itu, pengunjung juga dapat mendapatkan tas ecobag dari Sharp dengan cara mengumpulkan sampah plastik, kertas, kaleng, dan botol kaca yang kemudian ditukarkan.


Tidak hanya menawarkan solusi konkrit untuk mengatasi masalah limbah plastik, program ini juga memiliki dampak yang lebih luas. Dengan melibatkan generasi muda, Sharp mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan dalam lingkungan sekitar mereka. 


"Melalui pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari workshop, siswa-siswa SMAN 6 Palembang diharapkan dapat menjadi duta lingkungan yang membawa perubahan positif dalam perilaku sehari-hari," katanya.


Program Sharp Ecobition Workshop di Palembang menjadi bukti nyata komitmen Sharp Indonesia terhadap pelestarian lingkungan. Dalam upaya mengurangi limbah plastik dan mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat, Sharp mengambil langkah nyata dengan melibatkan masyarakat dan generasi muda. 



"Diharapkan, program ini akan menjadi inspirasi bagi perusahaan lain dan masyarakat umum untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan," tutup Agus.



Reporter/Editor: Mardi Panrita





Tidak ada komentar:

Posting Komentar