Ads

Rabu, 10 Mei 2023, Mei 10, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-10T00:48:46Z
Nusa Utara

Pileg Dapil 3 Bakal Sengit, Pendatang Baru Siap 'Ancam' 10 Anggota Dewan Aktif Berebut 8 Kursi

Lima Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe yang akan bertarung di Dapil 3.


JOURNALTELEGRAF - Jelang Pemilu 2024, khususnya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, kini mulai bergolak pasca terjadinya Perubahan Daerah Pemilihan (Dapil). Sebab situasi tersebut ikut mempengaruhi kuota kursi pada setiap dapil.


Secara khusus di Dapil 3 yang meliputi wilayah Kecamatan Tamako, Manganitu Selatan, Tabukan Selatan, Tabukan Selatan Tengah dan Tabukan Selatan Tenggara serta Tatoareng diketahui bakal ada 10 anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe yang akan maju kembali dan bertarung di dapil tersebut.


Adapun kesepuluh orang yang diketahui tersebut antara lain, Risal Paul Makagansa, Yunita Harimisa, Irene Gaghana, Tendris Bulahari, Demsy Sumendap, Maxiver Lombo, Benhur Takasihaeng, Rudy Polakitang, Ruben Medea dan Max Pangimangen.


Kesepuluh orang anggota dewan aktif itu akan bertarung habis-habisan untuk memperoleh 8 kuota kursi saja di Dapil 3. Diluar itu pula, beberapa nama pendatang baru juga diprediksi memiliki potensi untuk menggeser keberadaan kesepuluh orang anggota dewan aktif tersebut dalam perebutan kursi untuk menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Terkait situasi ini beberapa anggota dewan aktif ketika dikonfirmasi JOURNALTELEGRAF.COM memberikan tanggapan dengan elegan. Sebagian dari mereka tetap optimis akan kembali terpilih dan duduk sebagai wakil rakyat.


Anggota legislatif Max Pangimangen mengatakan bahwa tantangan terbesar bagi Dia dan 9 orang teman anggota dewan lainnya, diukur oleh masyarakat berdasarkan apa yang telah dilakukan selama 4 tahun terakhir ini.


"Kapabilitas kerja seseorang dan kepercayaan masyarakat akan sangat menentukan, namun bagi Saya pribadi tanpa mendahului kehendak Tuhan; Saya sangat yakin akan terpilih kembali," ungkap Max.


Sementara dari anggota legislatif Demsy Sumendap menyebutkan bahwa semua Caleg memiliki peluang yang sama, selebihnya tergantung bagaimana strategi yang akan diterapkan dalam penggalangan massa nanti.

 

"Semua yang mencalonkan ini punya peluang, namun kembali kepada masing-masing kita secara pribadi, seperti apa pekerjaan dan perjuangan kita untuk pendukung kita. Seperti apa pola penggalangan pendukung di lapangan dan siapa yang mendapat berkat nanti," papar Sumendap.


Sedangkan anggota legislatif Ruben Medea menyatakan bahwa Dirinya tidak menganggap remeh para pendatang baru dalam perebutan kursi sebagai wakil rakyat.


"Kita pahami bahwa tidak semua kuota kursi akan diambil oleh partai besar dan tentunya juga kita tidak boleh menganggap remeh para caleg baru dari Dapil 3. Namun bagi pribadi, Saya tetap optimis, selalu tampil prima dan berbuat bagi masyarakat. Sebab sepanjang kita telah berbuat kepada masyarakat, itu akan jadi penentu. Diluar itu, meski kita juga telah berjuang, semua tergantung yang di atas (Tuhan) yang menentukan," jelas Medea.


Lalu dari anggota legislatif wanita, Ibu Irene Gaghana dengan sikap optimisnya tetap yakin akan terpilih kembali sebab Dirinya mengaku sejak awal duduk sebagai wakil rakyat, Dia sudah berbuat bagi masyarakat.


"Namanya berjuang, kita tetap harus optimis dan Saya yakin akan terpilih kembali karena sejak awal Saya telah bekerja. Selebihnya kita serahkan kepada yang maha kuasa dan tentunya dikembalikan kepada masyarakat sebagai pemilih," tutur Gaghana.


Anggota legislatif wanita lainnya, Yunita Harimisa juga hampir senada dengan anggota legislatif lainnya; bahwa kalau Tuhan yang berkehendak tetap akan terpilih kembali.


"Tentunya secara pribadi kami tetap yakin dan optimis, sebab selama empat tahun terakhir ini juga telah berbuat bagi masyarakat. Dan kalau Tuhan berkehendak pasti akan terpilih kembali," ucap Harimisa.


Terpisah, salah satu caleg pendatang baru di Dapil 3 ketika dimintai tanggapan perihal situasi bakal menghadapi 10 anggota dewan aktif menyatakan bahwa Dirinya dan caleg-caleg baru lainnya siap bertarung habis-habisan untuk perebutan kursi sebagai wakil rakyat.


"Meskipun kini mereka masih duduk sebagai anggota dewan aktif, mari tanya kembali kepada masyarakat apa yang telah mereka buat selama duduk sebagai wakil rakyat. Dan kami (Caleg baru) hadir mencalonkan saat ini juga karena dukungan masyarakat, maka dari itu kami juga akan bertarung habis-habisan," ungkap salah satu caleg dapil 3 yang meminta namanya jangan dulu dipublikasikan.


Pertarungan perebutan suara di Dapil 3 sepertinya akan berlangsung sengit sebab kuota kursi yang tersedia hanya 8 kursi saja. Selain kesepuluh anggota legislatif yang akan bertarung, diketahui pula banyak Caleg baru yang berasal dari 'lingkaran tambang emas' ditengarai bakal menjadi ancaman sebab memiliki popularitas, massa dan finansial yang cukup memadai untuk maju bertarung.



Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar