Ads

Kamis, 18 Mei 2023, Mei 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-18T04:25:29Z
POLITIK

NDB Nyatakan Sikap Dukung dr. Rudi Maju di Pileg DPR RI 2024

Foto : dr. Amiruddin Rauf - Hj. Nurmawati Dewi Bantilan (Istimewa)


JOURNALTELEGRAF - Kehadiran dr. Amiruddin Rauf sebagai Bacaleg DPR RI Dapil Sulawesi Tengah dari Partai Demokrat memberikan gairah baru. dr Rudi diharapkan mengatasi masalah di daerah tersebut dan nasional.


Mantan Bupati Buol dua periode dr. Amiruddin Rauf dipastikan bakal maju pemilihan legislatif (Pileg) DPR RI untuk Pemilu 2024 mendatang. 


Hal itu dikatakan kepada sejumlah awak media disela-sela acara halal bihalal dikediamannya, di jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Baru, Baolan, Kabupaten Tolitoli. Pada Rabu (17/05/2023) malam.


“Ini sebuah tradisi yang sungguh baik paling tidak introspeksi perenungan diri masing – masing setelah kita satu bulan penuh melakukan atau mengisi bulan suci Ramadhan, Insya Allah kita mampu meningkatkan iman dan taqwa untuk lebih meningkatkan kualitas diri kita,” ujarnya.


Pada kesempatan itu, dr. Rudi berharap kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan seluruh masyarakat seperti ini dapat terus dilakukan agar dapat mempererat tali persaudaraan antar warga.


Ditanyakan soal kesiapannya dalam kompetisi Pileg 2024 nanti, Dirinya mengaku optimistis bisa mengamankan kursi dari dapil ini. Sekalipun beberapa nama beken juga turun di dapil Sulteng termasuk petahana.


"Ada kurang lebih 270 ribu wajib pilih di kabupaten Tolitoli dan kabupaten Buol, kenapa tidak kita solid untuk menyatukan persepsi pandangan politik. bahkan kita sebenarnya bisa mengusung 3 calon untuk duduk di DPR RI, nah ini saya kira perlu di sampaikan kepada publik biar Kabupaten Tolitoli dan buol ini punya keterwakilan di pusat," jelasnya.


Mantan Bupati Buol dua periode ini mengatakan, pada intinya semua calon putra daerah yang maju di pileg DPR RI semuanya baik dan teruji. 


"bagi saya semua baik dan sudah teruji. kita harus punya keterwakilan di pusat apalagi kita ketahui bersama trend pembiayaan untuk kabupaten Tolitoli dan buol 90% itu tergantung dari pusat, kita punya PAD kecil. Dana transfer dari pusat itu ada 3. pertama, Dana Bagi Hasil, DAK, dan DAU. Kalau kita melihat di 4-5 tahun belakangan ini cenderung stagnan bahkan menurun, artinya ruang fiskal untuk daerah itu sangat sempit untuk kepala daerah melaksanakan program pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur, karna pusat itu membatasi alokasi anggaran. Maka dalam konteks seperti ini dibutuhkan intervensi dan bantuan oleh keterwakilan kita di DPR," jelasnya.


Sementara itu, mantan Anggota DPD RI tiga periode Hj. Nurmawati Dewi Bantilan (NDB) yang juga hadir dalam rangkaian acara tersebut mengatakan ini adalah sesuatu sangat suprise untuk masyarakat kabupaten Tolitoli dan buol dengan majunya dr. Rudi di pileg DPR RI 2024 mendatang. karena kata dia , Tidak semua orang setelah menjalankan tugas selama 10 tahun untuk melanjutkan pengabdian di kanca perpolitikan Nasional.


"Ini adalah kesempatan. Sebagai mantan Bupati apalagi berprestasi dia paham bener persoalan daerah yang selama memimpin tidak bisa terselesaikan dan itu tidak bisa di selesaikan di tingkat provinsi tapi harus di selesaikan di tingkat pusat. Sehingga pada waktu bekerja nanti sudah tau yang mana harus di selesaikan. Sehingga suatu keberuntungan untuk masyarakat Tolitoli dan buol dr. Rudi itu mau dan berminat untuk maju di level nasional," ungkap Nurmawati Dewi Bantilan.


Melihat kesiapan dr. Rudi sebagai bacaleg DPR RI, mengatakan dr. Rudi itu sangat siap dari sisi kompetensi dan skill untuk seorang legislator, beliau miliki itu.


"Komunikasinya bagus isunya jelas yaitu kesehatan, tidak ada yang memiliki isu itu di Sulawesi Tengah hari ini. Sementara tantangan ke depan soal kesehatan ini Stunting dan perbaikan gizi kabupaten dan provinsi tidak akan mampu mengatasi masalah tersebut tanpa campur tangan dan intervensi dari pusat, Karna kalau kita melihat ke depan, perbaikan generasi itu dimulai dari gizi. Maka dari itu Sulawesi Tengah butuh orang seperti itu yang paham persoalan kesehatan," jelasnya.


NDB juga menyatakan sikap dan dukungan kepada dr. Rudi untuk ikut serta berkompetisi di Pileg 2024 nanti.


"Saya sangat mendukung beliau, karena beliau berprestasi. saya berharap apa yang selama ini menjadi masalah di Sulawesi Tengah tersampaikan ke pusat, insyaallah simpul-simpul NDB akan saya maksimalkan untuk dr. Rudi," tandasnya.




Reporter : Legitha Aswardy 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar