Ads

Rabu, 31 Mei 2023, Mei 31, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-31T06:59:44Z
Bolmut

Dukung Peningkatan Hasil Pertanian: Pemdes Paku Serahkan 49 Unit Alsintan

 




JOURNALTELEGRAF - Untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian di Desa Paku, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Pemerintah Desa Paku telah menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa Mesin Paras Rumput dan Hand Sprayer kepada 49 petani Desa Paku pada hari Rabu, 31 Mei 2023.


"Alsintan yang diserahkan kepada petani bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan tenaga pengolahan lahan dan pengolahan hasil, sekaligus meningkatkan minat generasi muda dalam dunia pertanian, serta untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha tani. Salah satu kebijakan Pemerintah adalah menyediakan bantuan alsintan melalui Program Ketahanan Pangan yang dianggarkan langsung dari Dana Desa (DD) tahap II Tahun 2023," ujar Nas Ponamon, kepala Desa Paku.


Nas Ponamon juga berharap agar alsintan yang diberikan kepada petani dapat dirawat dan dikelola dengan baik serta digunakan secara bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan. Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan dan mempercepat produktivitas hasil pertanian, terutama bagi petani di Desa Paku.


"Dengan adanya bantuan ini, kita dapat melaksanakan pengolahan lahan dan panen dengan cepat, lebih efisien, biaya lebih murah, menekan kerugian hasil, serta meningkatkan nilai tambah dan pendapatan bagi petani," tambah Nas.


Berdasarkan pantauan Journaltelegraf, dari total 49 alsintan yang diserahkan, terdiri dari 23 unit Mesin Paras Rumput yang diterima oleh 23 orang petani, dan 26 unit Hand Sprayer yang diterima oleh 26 orang petani.


Reporter: Irsan

Editor: Ewin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar