Ads

Senin, 24 April 2023, April 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-24T02:30:49Z
Artikel/OpiniNusa UtaraOpini

MT Tidak Berubah, Tetap Santun, Enerjik Dan Membara

Michael Thungari (MT) :
Pengusaha Muda, Ketua Cabor dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe 


JOURNALTELEGRAF - Presiden Amerika Serikat Ke-16, Abraham Lincoln pernah berkata; Jika ingin melihat karakter seseorang, beri dia kekuasaan dan lihat bagaimana sikapnya ketika dia berkuasa atau memiliki kuasa.


Pernyataan seorang Abraham Lincoln ini, kini menjadi sebuah ukuran dan kenyataan dari gambaran akan keberadaan sebagian manusia dimasa sekarang, ketika mereka telah memiliki kekuasaan, ketenaran dan kekayaan mereka lupa untuk memandang 'kebawah'. Namun bersyukur, tiga hal tersebut tidak merubah karakter seorang Michael Thungari (MT).


KEKAYAAN

Selain dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses, MT juga mewarisi 'kekayaan' dari garis keluarga Thungari yang dikenal telah mapan sejak dulu. Selain itu pula, usaha pribadi yang dimiliki oleh MT dinilai punya 'value' yang cukup tinggi.


KETENARAN

Sebagai pengusaha muda yang sukses, MT telah dikenal oleh semua kalangan. Namun secara khusus dikalangan milenial dan pecinta olahraga sepakbola, MT sangatlah tenar dan populer sebab Dirinya adalah Ketua Askab PSSI Sangihe; Yang sangat aktif menggelar berbagai kegiatan dan lomba olahraga sepakbola.


KEKUASAAN

Selain sebagai pengusaha muda sukses dan Ketua Cabor yang paling populer, MT juga menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dirinya pun mengambil sebuah peranan penting dalam membangun daerah yang kita cintai ini.


Dengan ketiga hal yang dimilikinya saat ini, tentunya pernyataan dari Abraham Lincoln bisa saja melekat pada diri seorang Michael Thungari (MT). Akan tetapi, meski dalam kurun waktu 5 tahun memiliki semua hal itu; siapa menyangka bahwa MT Tidak Berubah.


MT tetap Santun, Enerjik dan Membara.


SANTUN

Meskipun dikenal berasal dari keluarga kaya raya di wilayah Sangihe, MT tidaklah menyombongkan diri dengan kekayaannya itu. Dia tetap santun, rendah hati dan mampu berbaur dengan semua kalangan. Ketika bersama para pejabat pemerintah, Dirinya tetap santun dalam bertutur kata. Ketika bersama masyarakat kecil pun, Dirinya tetap ramah dan murah senyum. MT juga dikenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi. Mungkin sudah tidak tercatat lagi berapa banyak orang yang dia bantu dengan berkat 'kekayaan' yang dia miliki itu. Tapi yang diketahui secara umum, MT kerap kali membantu pembangunan rumah ibadah baik Gereja ataupun Masjid. Dia juga selalu berbagi dengan sesama jemaat/jemaah yang ada. Selain itu, MT selalu terundang hadir dalam setiap acara syukuran karena sifat dan sikapnya yang ramah dan santun. Secara khusus untuk ibadah duka, MT lebih memilih hadir langsung memberikan penguatan dan duduk bersama keluarga pemangku duka, daripada hanya sekedar menitipkan sampul dan karangan bunga semata.


ENERJIK

Popularitas dan ketenaran yang dia dapat dari organisasi cabang olahraga yang kini dipimpinnya, lantas tidak membuatnya berpangku tangan dan hanya menerima ketenaran sebagai Ketua Cabor saja tanpa adanya upaya menggelar kegiatan maupun lomba untuk memajukan cabor tersebut. Malah sebaliknya, dengan jiwa mudanya yang enerjik itu MT mampu menggerakkan organisasi sebesar Askab PSSI Sangihe hingga bisa dikenal dan diterima oleh semua kalangan. Cabor yang dipimpinnya tidak diam begitu saja, namun sangat aktif menggelar berbagai kegiatan dan lomba. Dengan jiwa mudanya yang enerjik itu pula, MT juga selalu hadir memberikan support pada setiap perhelatan berbagai kegiatan, baik kegiatan olahraga, sosial maupun keagamaan. Beberapa kali dirinya terlihat turun kerja bakti dan gotong royong bersama masyarakat seperti melakukan kegiatan pengecoran. Dia juga selalu hadir mensupport event-event cabor lain, sebagai sebuah bentuk kebersamaan sesama pecinta olahraga. Bahkan pada perayaan hari besar keagamaan, MT juga selalu memberikan support baik secara materi maupun turut menjadi peserta. Belum lama ini MT cukup viral di media sosial kala Dirinya bersama istri tercinta berboncengan untuk hadir bersama pada kegiatan selebrasi Paskah Pelka Pemuda Se-Sinode GMIST di wilayah Kecamatan Tabukan Tengah dan juga ikut pawai takbiran bersama saudara-saudaranya umat muslim di wilayah Kecamatan Tabukan Utara.


MEMBARA

Perihal kata Membara ini, pada dasarnya memang menggambarkan sebuah semangat yang berapi-api bagi seorang MT yang Santun dan Enerjik. Namun menariknya, kata Membara ini juga jadi jargon andalan dari seorang Michael Thungari pada saat Pileg 2019 lalu hingga membawa dirinya duduk sebagai wakil rakyat. Dimana kata Membara ini sebenarnya memiliki kepanjangan 'Membangun Bersama Rakyat'. Sehingga dengan jargon Membara-nya ini, sampai saat inipun masyarakat masih menantikan gebrakan dari seorang MT Membara untuk Sangihe tercinta.


Keberadaan dari rekam jejak seorang Michael Thungari (MT) ini, bisa menjadi sebuah ukuran dan gambaran terhadap situasi jelang Pemilu 2024; entah pada Pileg atau Pilkada nanti. Sehingga alangkah bijaknya figur yang hendak kita pilih, haruslah kita lihat dari rekam jejaknya pula. Ada calon baru, mari bedah seperti apa latar belakangnya ketika ia maju bertarung. Ada calon lama yang sempat menerima 'kekuasaan', mari lihat rekam jejaknya selama lima tahun terakhir; apa calon lama itu selalu hadir di tengah masyarakat, tetap santun dan tidak sombong ketika bersua atau malah sebaliknya.


Terkhusus bagi Michael Thungari; berdasarkan rekam jejaknya hingga detik ini, sebagian besar menyatakan bahwa 'MT Tidak Berubah'.




Oleh : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar