Ads

Rabu, 22 Maret 2023, Maret 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-22T08:13:15Z
BITUNG

YCMI Gelar Penyuluhan Hukum di SMK Pelita Bahari Bitung

Yayasan Cahaya Mercusuar Indonesia. lakukan penyuluhan di SMK Pelita Bahari (Foto : YCMI)



JOURNALTELEGRAF - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara (Sulut) menggandeng Yayasan Cahaya Mercusuar Indonesia (YCMI) menggelar penyuluhan hukum untuk pelajar SMK Pelayaran Pelita Bahari, dalam rangka menyukseskan program "BPHN Mengasuh".


Kegiatan yang dimulai secara serentak diseluruh Indonesia pada Senin (20/3/2023), disambut antusias oleh 73 taruna taruni SMKP Pelita Bahari yang ikut hadir. Kegiatan berlangsung di ruang kelas SMKP Pelita Bahari  yang terletak di Girian Weru Dua, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Sulawesi Utara.


Pemerintah Kota Bitung yang diwakili Bagian Hukum Pemerintahan dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaikan dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.


"Pada prinsipnya pemerintah Kota Bitung sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan kami dari bagian hukum mewakili Pak Walikota mohon maaf karena sebenarnya Pak Walikota lah yang akan membuka kegiatan ini, namun karena Pak Wali ada agenda diluar daerah sehingga tidak bisa hadir, kebetulan juga kepala bagian hukum lagi mengikuti diklat, jadi kami yang diutus membuka kegiatan ini," jelas Jekson Kasehung, SH.


Pemerintah Kota Bitung menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang sudah meyelenggarakan kegiatan ini. "Dengan diselenggarakan-nya kegiatan semacam ini dapat membangun mental siswa-siswi yang ada di Kota Bitung, hususnya siswa yang ada di SMKP Pelita Bahari, " imbuh Jekson.


Sementara D Novian Baeruma, SH yang bertindak sebagai narasumber dalam memberikan penyuluhan hukum tersebut menjelaskan, "BPHN Mengasuh" merupakan program dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Program ini hadir untuk menyikapi maraknya tindak pidana yang terjadi di kalangan remaja akhir-akhir ini di Indonesia.


"Disini kami mengajak adik-adik semua, para pelajar SMKP Pelita Bahari, untuk menghindari perbuatan-perbuatan negatif yang sedang viral di media sosial seperti tawuran, bullying, narkoba, pencurian, dan lainnya. Untuk itu, adik-adik perlu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," demikian jelas Dens.


Revlita J. W. Mandagi, SE., MAP selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMKP Pelita Bahari menyampaikan terimakasih kepada para pengurus YCMI yang telah memberikan pemahaman hukum kepada siswa-siswi taruna taruni.


"Dengan kegiatan ini tentunya taruna taruni kami punya bahan pengetahuan dalam rangka memahami prinsip-prinsip hukum dan terkait juga dengan kriminalitas yang ada di Sulut husunya Kota Bitung," ujar Mandagi.


Selesai kegiatan, Taruna SMKP Pelita Bahari saat diwawancarai mengatakan, kegiatan semacam ini sangat memberikan manfaat bagi mereka.


"Kami taruna taruni Pelita Bahari merasa bersyukur karena mendapat wawasan tentang hukum," terang Liongjay Langi taruna kelas Kelas XII.



Reporter : Delila Anandari

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar