Ads

Jumat, 17 Maret 2023, Maret 17, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-17T11:47:19Z
kabupaten tolitoli

HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke-77 Tahun, Persit 1305/BT Gelar Donor Darah Dan IVA Tes


JOURNALTELEGRAF - Dalam rangka memperingati hari Persit Kartika Chandra Kirana ke-77 tahun 2023, Persit KCK Cabang XIX Kodim 1305/Buol Tolitoli laksanakan donor darah dan Iva Tes, Bertempat Di Rumah Sakit Bantuan 13-08-03 Jl. Mawar Kel. Panasakan Kec.Baolan Kab. Tolitoli Pada Jum'at (17/03/ 2023).


Dalam sambutannya Dina Adriani P. Lawdewick B. K. Tobing selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Dim 1305 Buol Tolitoli mengatakan, kegiatan donor darah dan pemeriksaan IVA ini merupakan rangkaian kegiatan Persit dalam menyambut hari jadinya yang ke-77 tahun 2023 dengan tema "Persit Kartika Chandra Kirana Membangun Keluarga dan Generasi Muda Berkualitas Menuju Indonesia Maju". 


Kegiatan donor darah ini dipilih sebagai wujud nyata sikap berbagi kepada sesama. 


"Dengan berdonor darah kita telah menyelamatkan nyawa orang lain selain itu juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor. Begitu juga dengan pemeriksaaan IVA, ini sangat bermanfaat terutama bagi wanita, deteksi dini Kanker Serviks lewat pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dianggap dapat menyelamatkan banyak wanita karena relatif mudah dilakukan dengan hasil yang cepat," jelasnya.

Tidak hanya itu, kata dia Kanker Serviks atau kanker mulut rahim menempati urutan kedua dalam deretan kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia oleh karena itu pemeriksaan IVA ini sangat penting dilakukan.


"kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, serta dapat membantu dalam memenuhi ketersediaan stok darah di PMI," pintanya.


Untuk itu dirinya mengajak kepada tamu undangan yang hadir agar menyumbangkan darahnya dan untuk ibu-ibu bisa melakukan pemeriksaan IVA sehingga kita semua sehat dan terhindar dari kanker serviks.


Hadir dalam tersebut, Dandim 1305/BT  Letkol Inf. Lawdewick. B.K. Tobing S.sos. Ny. Dina Adriani P. Lawdewick B. K. Tobing Ketua Persit KCK Cabang XIX Kodim 1305/BT, Ny. Diyah Rosaria Suharto Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab VIII DJA II, Tolitoli, Ny. Endang H.M Mewakili Ketua Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli, Ny. Nyandi Nurhayati, Ketua GOW Kabupaten Tolitoli, Ny. Novalina Sutarno Mewakili Ketua Bhayangkari Cabang Tolitoli Daerah Sulawesi Tengah, Ny. Niar Bhirawa Mewakili Ketua IAD Kabupaten Tolitoli, Ny. Avira Ryan, Ketua IWABRI Kabupaten Tolitoli, Ny. Andi Haslinda, Mewakili Ketua Dharma Wanita, Anggota dan Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Dim 1305 Buol Tolitoli Koorcab Rem 132 PD XIII/Merdeka serta tamu undangan sebanyak 120 Orang.






Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar