Ads

Jumat, 17 Maret 2023, Maret 17, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-17T12:53:04Z

Bupati Morut Pimpin Upacara HUT PPNI Ke-49


JOURNALTELEGRAF - Morowali Utara, Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, Pimpin Upacara Peringatan HUT SATPOL PP Ke-73, HUT SATLINMAS Ke-61 Dan HUT PEMADAM KEBAKARAN Ke-104 di Pelataran Kantor Bupati, Jumat (17/03/2023). 


Upacara rutin yang dilaksanakan setiap tanggal 17 bulan berjalan, pada bulan Maret ini diisi dengan Upacara Apel Gelar Pasukan dalam rangka peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) ke-73, HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61 dan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-104.


Upacara yang dihadiri oleh seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat Eselon II, Eselon III, anggota Satpol-PP, Damkar, Linmas serta seluruh ASN Lingkup Pemda Morut ini dibuka dengan penghormatan kepada Pataka Satpol- PP, Linmas dan Damkar oleh seluruh peserta upacara. Para peserta upacara juga mendengarkan sejarah berdirinya Satpol-PP dan Damkar.


Selanjutnya, Bupati Delis yang bertindak sebagai Inspektur Upacara bersama dengan seluruh unsur Forkopimda melakukan pemeriksaan pasukan khususnya kepada para personil Satpol-PP, Linmas dan Damkar. 


Dalam amanatnya, Bupati Delis membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mengatakan bahwa sesuai dengan amanat Peraturan Perundang - undangan dimana peran Satpol-PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas) yaitu untuk menciptakan situasi / kondisi yang memungkinkan pemerintah pusat , pemerintah daerah dan masyarkat untuk dapat melakukan kegiatannya dengan aman , tentram , tertib dan teratur yang diharapkan akan meningkatkan daya tarik serta kemudahan berusaha bagi Investor dan Pengusaha Lokal untuk pertumbuhan ekonomi di Daerah. 


Satpol-PP dan Satlinmas dapat terlibat dalam implementasi kebijakan kemudahan investasi di daerah untuk memperkuat profesionalitas dan integritas dengan mempertahankan sikap humanis agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk beraktifitas. Satpol-PP dan Satlinmas juga diminta untuk berpartisipasi dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu pada tahun 2024 mendatang. 


Begitu pula dengan Damkar, Mendagri berharap agar di setiap daerah dapat meningkatkan fasilitas Dinas Pemadam Kebakaran, peningkatan personil Damkar, penguatan kapasitas SDM Damkar serta memberi kepastian status kepegawaian kepada aparatur Damkar dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.


Ditempat yang sama, Bupati Delis tidak lupa mengucapkan HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Ke-49 yang bertepatan dengan tanggal 17 Maret 2023. Bupati berharap agar organisasi PPNI beserta seluruh anggota perawat di Kabupaten Morowali Utara semakin maju , profesional dan terpelihara kesatuannya. 


"Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara mengucapkan HUT-PPNI Ke-49.  Semoga PPNI beserta para anggotanya semakin maju, profesional dan terpelihara kesatuannya. Menjadikan masyarakat yang sehat adalah tanggung jawab kita bersama tetapi tenaga perawat sebagai garda terdepan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik", pungkasnya. 


Setelah Upacara berakhir, para anggota Damkar Morut memberikan berbagai persembahan diantaranya yaitu memperkenalkan Inovasi dari Damkar Morut yakni Motor khusus untuk menanggulangi kebakaran. Motor ini dapat digunakan sebagai sarana untuk membawa personil serta peralatan Damkar jika terjadi kebakaran di tempat yang sempit dan sulit di jangkau oleh Mobil Damkar. Motor ini dapat digunakan sebagai pompa air dimana selang yang dipasang pada mesin motor mampu memompa air keluar menuju selang pemadam.


Hal ini tentu saja sangat bermanfaat mengingat di Kabupaten Morowali Utara sendiri masih banyak pemukiman yang berada pada jalanan yang sempit yang sulit dilalui oleh Mobil Damkar. Selain itu, Damkar Morut juga memberikan edukasi bagaimana memadamkan api menggunakan minuman bersoda. Dan persembahan terakhir yaitu para anggota Damkar melakukan yel-yel dan Koreo yang sangat enerjik dan memukau para penonton.


Bupati Delis juga memberikan penghargaan kepada para Satlinmas yang telah mengabdi selama puluhan tahun untuk menjaga Trantibumlinmas di Kabupaten Morowali Utara. 




Reporter : Arthomo Lagaronda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar