Ads

Rabu, 18 Januari 2023, Januari 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-18T00:12:54Z
NASIONALPOLITIK

Proyek Strategis Nasional PT.Pupuk Kaltim di Kabupaten Fakfak Jadi Sorotan Senator Asal Papua Barat


Foto : Filep Wamafma, Anggota DPD RI Dapil Papua Barat (ist)


JOURNALTELEGRAF - Anggota DPD RI, Filep Wamafma menanggapi penetapan proyek pembangunan PT. Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) di Kabupaten Fakfak, Papua Barat sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Kementerian Koordinator Perekonomian.


Filep yang juga adalah Senator asal Papua Barat ini mengaku heran penetapan itu, pasalnya nama PT. Pupuk Kaltim tidak pernah disebutkan sebagai PSN Papua Barat dalam Peraturan Presiden (Perpres), termasuk dalam beberapa kali perubahannya. Akan tetapi Kick Off Ceremony  pembangunan proyek sudah dilakukan oleh jaajaean direksi dan komisaris PT.Pupuk Kaltim, Selasa (10/1/2023) lalu.


"Sejauh pengamatan saya tidak ada penyebutan nama PT. Pupuk Kaltim sebagai PSN kawasan industri pupuk di Kabupaten Fakfak, Papua Barat dalam Perpres termasuk beberapa kali perubahannya. Hal inj yang kita khawatirkan akan jadi persoalan serius, mengingat pengalaman sosial politik masyarakat di Papua Barat secara umum yang seringkali bersinggungan dengan pemerintah terutama jika berhubungan penggunaan lahan maayarakat adat," jelas Filep, Senin (16/1/2023) di Jakarta.


Filep menerangkan mengenai proyek strategis nasional diatur dalam Perpres nomor 3 tahin 2016 tenrang percepatan pelaksanaan proyek stratefis nasional khusus untuk Papua Barat, terdapat PSN berupa pembangunan pelabuhan Sorong, Teluk Bintuni dan percepatan pembangunan infeastruktur KEK Sorong.



Reporter : Mario Prakoso

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar